Gili Trawangan– Gili adalah sebuah pulau kecil yang memiliki kindahan alam luar biasa, Pulau Lombok sendiri memiliki lebih dari 10 Gili. Dari berbagai gili yang ada di lombok Gili Trawangan merupakan gili yang paling populer dan banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Lombok Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Pesona Keindahan Gili Trawangan

Gili Trawangan

Potret tiga gili mulai dari Gili Trawangan, Gili Meno, & Gili Air

Salah satu keindahan lain yang ditawarkan adalah Pulau Gili Trawangan yang mempunyai eksotisme luar biasa dengan alam laut dan budaya. Bahkan keindahan pantai di pulau ini tak kalah dengan keindahan pantai yang ada di Bali. Gili Trawangan dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, luas kawasan 2,954 meters, garis lintang 8º 20º – 8º 23º LS dan garis bujur 116º00º – 116º 08º BT.

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari tiga pulau lain yang berada di sisi ujung pulau Lombok. Dua pulau kecil lainnya bernama gili menu dan gili air. Berikut ini beberapa informasi lengkap mengenai pulau penuh pesona Gili Trawangan yang bisa membantumu saat berkunjung kesana.

Sejarah Gili Trawangan

gili trawangan

Potret dari ketinggian Gili Trawangan

Ada banyak versi yang menyajikan sejarah dari pulau Gili Trawangan. Namun beberapa bangunan tua yang berada di pulau ini seakan menjadi saksi sejarah bahwa pada masa penjajahan dahulu, pulau ini digunakan sebagai penampungan narapidana.

Lebih dari 350 orang narapidana yang merupakan pemberontak dibuang ke pulau ini. Pemberontak tersebut merupakan suku asli dari lombok yang ingin mempertahankan daerahnya bernama suku sasak. Kemudian datanglah seseorang bernama Wak Sona yang berasal dari suku kerajaan mandar balanipa (Sulawesi Selatan).

Dari Jambianom Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara Wak Sona kemudian pindah ke gili air lalu membawa serta anak cucu dan memiliki banyak keturunan hingga menyebar ke Gili Trawangan.

Hal tersebut yang nantinya membuat suku dan aturan tersendiri di pulau tersebut. Aturan tersendiri di pulau kecil ini salah satunya adalah, Hukuman berat bagi pencuri. Dengan sanksi yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Sangsi diarak keliling pulau oleh scurity island dan membawa kalungan tertulis “SAYA PENCURI / I’m thieve don’t do what I did” diberlakukan kepada semua orang yang tertangkap mencuri. Baik itu dilakukan wisatawan ataupun penduduk lokal akan mendapat hukuman moral yang sama sebelum dibawa ke jalur hukum negara.

Beberapa Hal Yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Memasuki Gili Trawagan

Akses ke Gili Trawangan

Untuk menuju Gili Trawangan, kamu harus terlebih dahulu datang ke Pelabuhan Bangsal. Di sini, traveler harus membeli tiket untuk menyeberang menggunakan perahu kayu dari Lombok ke tiga gili tersebut.

Jalan menuju Pelabuhan Bangsal sangatlah mudah sebab ada beberapa papan penunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke sana atau menggunakan panduan Google Maps. Perjalanan dari Mataram ke Pelabuhan Bangsal memakan waktu kurang lebih satu jam dengan jalan mulus beraspal, meski di beberapa titik susah dilewati karena jalan rusak. Bila kamu memutuskan untuk melewati jalanan di Gunung Pusuk, siap-siap aja ‘disambut’ dengan banyak kera.

Penitipan Motor

Begitu sampai di Pelabuhan Bangsal, traveler bisa langsung mencari penitipan kendaraan yang ada di sepanjang jalan menuju pelabuhan. Ya, kendaraan bermotor yang kamu kendarai harus dititipkan di sini lantaran kendaraan jenis ini dilarang beroperasi di ketiga gili. Tarif penitipan pun cukup masuk akal, untuk penitipan setengah hari, kamu diminta membayar Rp 5 ribu per motor. Sementara bila sampai menginap, tarifnya Rp 10 ribu per malam.

Pilih Boat Umum / Fast Boat

Setiba di sini, kamu akan dihadapkan dua pilihan akses menuju Gili Trawangan, mau pilih boat umum atau fast boat. ‘Kelebihan’ boat umum, tarifnya lebih murah, yaitu Rp 15 ribu per penumpang sekali jalan. Namun, traveler harus menunggu hingga boat umum tersebut terisi penuh, baru bisa berangkat.

Perjalanan dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan memakan waktu sekitar 25-35 menit dan melewati dua gili lainnya, yaitu Meno dan Air. Sementara fast boat, meski tarifnya berkali lipat dari boat umum, namun bisa langsung segera berangkat dan lebih cepat.

Disambut Dengan Calo

Sesampai di dermaga Pelabuhan Gili Trawangan, serombongan warga sekitar akan segera membantumu. Bukan untuk membawakan barang, melainkan menawarkan penginapan hingga wisata snorkeling.

Tak perlu sungkan untuk menolak tawaran mereka, bila kamu sudah memesan penginapan sebelumnya. Namun, jika tergiur dengan paket snorkeling yang ditawarkan mereka, kamu bisa kok menawar hingga mendapat harga yang pas dan murah.

Berkeliling Pulau Dengan Jalan Kaki, Sewa Sepeda, atau Menumpang Cidomo

Jamak diketahui, kendaraan bermotor dilarang beroperasi di Gili Trawangan, termasuk dua gili lainnya.

Bila kamu ingin menelusuri setiap sudut di Gili Trawangan, kamu bisa mengandalkan moda transportasi yang tersedia di sana. Untuk sewa sepeda, kamu akan dikenai tarif Rp 20 ribu-Rp 50 ribu per hari.

Persewaan sepeda dapat ditemui dimana, bahkan beberapa penginapan menawarkan sewa sepeda secara gratis sebab sudah termasuk tarif menginap. Sementara biaya keliling naik cidomo, dikenai sekitar Rp 125 ribu per sekali keliling pulau dengan kapasitas penumpang hingga 6 orang.

Cukup mahal jika traveler hanya pergi seorang diri. Namun, bila kamu merasa sanggup dan kuat, cobalah menyusuri Gili Trawangan dengan berjalan kaki. Sembari sesekali berhenti untuk mengabadikan setiap spot cantik di Gili Trawangan.

Arti Nama Gili Trawangan

Adapun dalam Informasi Lengkap Gili Trawangan ini nama Gili Trawangan terbentuk dari dua kata yaitu gili dan trawangan. Awalnya pulau ini disebut dengan sebutan “terangang” atau tempat bertelurnya penyu.

Sementara kata gili mempunyai arti pulau kecil yang menggambarkan 3 pulau dan pulau-pulau kecil di sisi lain pulau lombok. Lambat laun kata terangang begitu sulit diucapkan dan akhirnya banyak orang yang menyebut sebagai trawangan yang maksud dan artinya tidak jauh berbeda dengan tarangang.

Potret Keindahan Gili Trawangan Lombok

Baca Juga:

Nah itulah sedikit informasi lengkap mengenai tempat wisata di Pulau Lombok Gili Trawangan. Dan buat teman-teman yang mau liburan ke lombok dan nggak mau ribet, tenang kami team labirutour siap membantu dengan cara beli Paket Liburan Lobok. Dan yang budget kritis ada sedikit Tips Liburan ke lombok murah

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda