Museum Ullen Sentalu Yogyakarta – Museum Ullen Sentalu adalah salah satu museum terbaik yang berada di Indonesia. Jika kamu suka dengan sejarah, museum Ullen Sentalu menjadi salah satu destinasi wajib yang harus kamu kunjungi ketika berwisata di Yogyakarta.

Museum ini dibangun sebagai tempat untuk bidang seni, sejarah dan budaya dari kerajaan Mataram. Tempat ini dibangun untuk edukasi semua generasi terutama generasi muda untuk lebih mengenal sejarah.

Penasaran seperti apa Museum Ullen Sentalu ini? Berikut beberapa informasi tentang Museum Ullen Sentalu.. simak ulasan berikut ini yaa

 

  1. Daya Tarik

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu (Cr : Google)

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu (Cr : Google)

Desain bangunan Museum Ullen Sentalu sangat unik ditambah dengan rindangnya pepohonan yang mengelilingi bangunan museum. Kamu tidak akan kepanasan karena pohon-pohon disini sangat rindang. Udara yang bersih dan jauh dari bising nya kota menambah daya tarik museum ini.

Di dalam museum ini juga menyimpan berbagai barang peninggalan sejarah. Kamu bisa mengetahui hal-hal menarik ketika zaman Mataram dan lain sebagainya. Sayang sekali, isi dari museum ini dilarang untuk difoto dengan alasan privasi. Tetapi diperbolehkan berfoto di luar museum.

 

  1. Lokasi

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Lokasi Museum Ullen Sentalu (Cr : Gmaps)

Museum Ullen Sentalu berlokasi di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dari titik nol Kota Jogja berjarak 33 km ke arah utara. Waktu yang ditempuh jika menggunakan kendaraan sekitar 1,5 jam.

 

  1. Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta (Cr : Google)

Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu (Cr : Google)

Museum Ullen Sentalu buka setiap hari Selasa-Minggu mulai dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 15.15 WIB. Untuk harga tiket masuk yaitu sebesar Rp 50.000/ orang dan untuk anak-anak sebesar Rp 25.000/ anak. Untuk Vorstenlanden dibanderol sebesar Rp100.000 untuk dewasa dan Rp60.000 ribu untuk anak-anak.

Baca Juga :

 

  1. Fasilitas

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu (Cr : Google)

Fasilitas terbilang lengakap seperti ruang music, Guwo Selo Giri, pameran prasejarah, dan lain sebagainya. Ada juga papan informasi yang lengkap, denah museum yang komplit, toilet, area parkir dan restoran unik bergaya gothik dengan makanan western dan tradisional nusantara. Seperti museum atau tempat wisata berkelas lainnya, di sana tersedia jasa pemandu dengan harga sudah termasuk tiket.

 

  1. Tips Wisata di Museum Ullen Sentalu

  • Meski di sana memiliki cuaca bersahabat, tetap lah jaga kesehatan tubuh.
  • Bisa membawa bekal dari rumah.
  • Jangan lupa membawa kamera dan berfoto di depan bangunan museum.
  • Jagalah kebersihan dan buang sampah pada tempatnya.
  • Bagi Anda yang memilih untuk menginap di Jogja dan ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, sebaiknya memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan wisata ini.

Nah itu tadi informasi-informasi mengenai Museum Ullen Sentalu. Semoga bermanfaat untuk kamu yang mencari referensi berwisata penuh sejarah. Nantikan informasi-informasi tempat wisata lainnya hanya di Labiru Tour. Selamat berlibur yaaa

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda