Museum Unik di Indonesia– Ketika sedang liburan ke suata daerah, pastilah para traveler berlomba-lomba menuju kawasan-kawasan wisata ataupun pusat perbelanjaan, hanya ada segelintir dari mereka para traveler yang mengunjungi museum, di kota yang mereka tuju atau kunjungi. Padahal jika kalian berkunjung di berbagai museum unik di indonesia dapat menambah wawasan.

Entah mengapa traveler masa kini jarang yang berkunjung ke museum padahal menurut saya pribadi museum merupakan tempat wisata yang seru. Selain memberi informasi wisata di museum juga menambah wawasan yang luas apalagi di museum unik di indonesia, Nah untuk kalian yang tertarik berlibur ke sebuah museum, saya akan berikan sedikit informasi tentang museum unik di indonesia yang bisa kalian kunjungi Berikut museum unik di Indonesia:

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Bekasi Yang Wajib Kalian Kunjungi

Jogja memang istimewa, Museum Anak Kolong Tangga ini tiada duanya

museum unik di indoneisa

Nah Museum satu ini paling di gemari anak-anak kecil

Museum Anak Kolong Tangga menarik dan unik ini didirikan oleh seniman belgia di taman budaya yogyakarta. Museum ini menyimpan koleksi mainan anak-anak dan permainan tradisional yang berjumlah sekitar 3000 mainan anak-anak dari seluruh dunia.

Aneka raga mainan hadir disini, ada boneka kayu, miniatur kendaraan, celengan gerabah, berbagai jenis kartu, gangsing, dan masih banyak lagi, jika di sebutin semua munkin bisa jadi 10 halaman di buku. Tujuan di dirikan museum ini adalah mengangkat dan memperkenalkan fungsi dari mainan dan permainan sebagai dari bagian hidup anak-anak sehari-hari.

Koleksi batik lengkap di Museum Danar Hadi, Solo

museum unik di indoneisa

Ratusan kain batik hasil koleksi di museum danar hadi

Jawa memang identik dengan karya seni, salah satunya yang terkuat ialah batik, dana hadi merupakan salah satu seniman batik tersohor asal solo yang juga membuat museumnya. Seringkali di sebut House of Danar Hadi (HDH), museum ini di dirikan oleh PT. Danar Hadi pada tahun 2008 silam.

Museum bantk yang menyiman 10.000 helai kain batik yang indah ini juga sudah di akui oleh MURI (museum rekor indonesai) sebagai museum yang memiliki koleksi kain batik paling banyak di indonesia.

Catat rekormu di Museum Rekor Indonesia (MURI)

museum unik di indoneisa

Siapa nih namanya yang tercatat di museum ini

Melihat ribuan rekor yang pernah di cetak dan di pecahkan anak bangsa di berbagai bidang. Catatan sejarah itu didokumentasikan dan tersimpan di lantai dua sebuah gedung di linkungan pabrik jamu jago, kota semarang. Mayoritas dokumentasi di pajang dalam bentuk vidio, tak sedikit pula bukti nyata yang menjadi bagian dalam dekorasinya ada lukisan wajah yang di buat dari 1,5 kuintal paku misalnya.

Ini unik banget, Museum Kanker Indonesia.

museum unik di indoneisa

Museum yang mengkoleksi gambaran atau replika penyakit kangker

Nah Museum unik di indonesia kali ini Merupakan museum kanker pertama di indonesia yang berdiri sejak oktober 2013 silam. Terletak di jalan kayum 16-18 surabaya dan di sebut sebagai museum pendidikan oleh masyarakat yang rentan terhadap kanker. museum unik di indoneisa

Di museum yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB ini terdapat koleksi sekitar 30 jarigan kanker yang menyerang organ tubuh, masing-masing organ tubuh yang di serang kanker di simpan di dalam toples kaca yang berisi cairan formalin.

Masih di Surabaya, Museum Kesehatan

Nah museum ini sangat cocok buat kalian kunjungi letaknya di Kota Surabaya

Nama asli dari museum ini adalah Museum Kesehatan Dr Adyatama, sebuah museum yang memiliki koleksi yang cukup unik terletak di jl indrapura. No17, surabaya. Pendirinya yaitu dr. Haryadi Suoarto, seorang dokter yang juga ahli dalam bidang supranatural. museum unik di indoneisa

Tak hanya peralatan medis saja koleksi dari museum kesehatan ini, melainkan alat-alat non medis juga ada disini, ada sebuah ruangan kusus berisi mengenai penjelasan tentang ilmu santet besertas foto rontgen korban santet yang berisi banyak paku dalam perutnya, nah gimana unik atau serem museum satu ini.

Ini dia Museum yang bisa di bilang terbaik dan terunik, Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta

Museum favorit dari wisatawan manca negara

Museum yang terletak di kaliurang ini manampilkan budaya dan kehidupan putra putri kraton yogyakarta, ada koleksi langka bermacam-macam batik di sana, Ullen Sentalu juga menyuguhkan cerita raja-raja yang kerap di sebut sultan kraton.

Nah museum yang di resmikan tahun 1997 lalu ini memiliki beberapa ruang Seni tari dan gamelan, guwa sala giri, 5 ruang di kampung kembang, karidor retja landa, serta ruang budaya, dari setiap ruangan memiliki daya tarik tersendiri, dengan mgunjunginya satu-satu kalian akan tahu apa keunikan museum ini dan mengapa bisa di sebut yang terbaik. Jangan ambil pendapat sebelum berkunjung!

Nah itulah tadi beberapa museum unik di indoneisa yang bisa kalian kunjungi agar menambah wawasanmu.