Pura Besakih merupakan sebuah kompleks pura sekaligus objek wisata, yang berlokasi di daerah desa Besakih. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menemukan sebuah kompleks pura yang terdiri atas 18 pura pendamping dan 1 pura pusat. Pura pusatnya yakni pura Penataran Agung Besakih, sementara pura pendampingnya yakni 17 pura dan 1 pura Basukian. Pura Basukian ini merupakan pura di mana pertama kalinya wahyu Tuhan diterima oleh Hyang Resi Markendya. Dan kemudian menjadi cikal bakal dari agama Hindu Dharma yang sekarang banyak penganutnya di pulau Bali. Mari baca selengkapnya.

Pura agung besakih bali

Pura umat Hindu terbesar di Indonesia

Pura Agung Besakih

Pura ini memiliki nama lain pura Agung Besakih. Tempat ini sebenarnya adalah tempat persembahyangan umat agama Hindu di pulau Bali. Karena di dalam pura ini terdapat banyak pura yang berlokasi di satu tempat. Sehingga pura Besakih disebut sebagai pura paling besar di negara Indonesia yang dapat Anda temukan.

Upacara keagaman di Pura besakih

Upacara keagaman di Pura besakih

Anda bisa menemukan anak tangga yang sangat banyak jumlahnya serta pintu gerbang dengan ukuran besar. Di gerbang inilah pintu masuk menuju areal pusat dari pura Penataran Agung Besakih. Tempat persembahyangan di pura ini disebut sebagai Pelinggih oleh orang asli Bali dan adalah pusat pura ini.

Makna Filosofis

Di pura  ini juga terkandung makna filosofis tersendiri, yang mungkin sebaiknya Anda ketahui, yakni teknologi dan peralatan hidup, mata pencaharian hidup, sistem pengetahuan, organisasi sosial kemasyarakatan, sistem bahasa, kesenian, upacara, dan religi. Unsur-unsur kebudayaan tersebut diwujudkan ke budaya ide, budaya material, serta budaya aktivitas. Di mana, hal ini sebenarnya sudah muncul sejak masa pra-Hindu dan masa Hindu yang telah mengalami perkembangan tahap mistis, tahap fungsional, dan tahap ontologi.

"Spot

Untuk sekarang, Pura ini dijadikan sebagai objek icon kepariwisataan dari pulau Bali dan juga merupakan salah satu dari banyaknya objek wisata di Bali, dan merupakan objek wisata yang wajib di konservasi. Semua itu diatur oleh Pemda Bali. Masalah pemeliharaan, pengelolaan, serta kebersihan pura merupakan tanggung jawab masyarakat sekitar dan juga Pemda Bali.

Ketika perjalanan menuju pura ini, baik Anda menggunakan sepeda motor maupun mobil, Anda dapat melihat pemandangan keindahan alam yang menakjubkan. Selain itu udaranya juga segar dan menyejukkan. Untuk yang membawa kendaraan, tak perlu khawatir, karena di area luar pura ini sudah disediakan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan dalam jumlah banyak, khususnya ketika musim liburan tiba.

Anda juga dapat membeli cenderamata khas Bali melalui pasar yang ada di pura ini. Semuanya terbuka untuk umum. Yuk segera rencanakan liburan ke Bali kamu dengan Tour Advisor berpengalaman, Labiru Tour. Dan nikmati liburan seru di Bali dengan mengunjungi Pura Agung Besakih. Hubungi segera tim Labiru Tour di 0813-2689-4433 untuk info liburan seru di Bali, selamat berlibur.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda