Tempat Wisata di BrebesBrebes salah satu kabupaten di jawa tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi jawa barat. Jadi nggak heran jika ada sedikit gabungan budaya sunda dan jawa dalam berbahasa, secara geografis kota ini juga bersebelahan dan bagai menyatu dengan kabupaten di sekitarnya seperti tegal.

Kabupaten Brebes ini sangat terkenal sebagai penghasil bawang merah terbesar di indonesia loh, maka tah heran jika banyak orang menyebut kabupaten ini sebagai kabupaten bawang, atau yang lebih keren Bombay van Java. Di balik sebutan itu Brebes ternyata memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi loh, nah mau tau dimana saja tempatnya, berikut sedikit informasi dari labirutour tentang tempat wisata di brebes yang bisa kalian kunjungi.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata di Probolinggo Terbaru

Curug Putri Brebes

tempat wisata di brebes

Potret indah dari Curug Putri Brebes

Brebes merupakan kabupaten yang landai namun masih memiliki pegunungan yang terletak di bagian selatannya, tepatnya bagian lereng gunung slamet, gunung tertinngi di jawa tengah. Maka tak heran kan jika brebes memiliki sebuah curug yang bernama curug putri.

Wisata curug ini memiliki ketinggian sekitar 35-40 meter, panorama yang masih sangat asri dan suasana sejuk sangat cocok untuk di nikmati. Curug ini terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampong.

Curug Cupu

tempat wisata di brebes

Panorama alam indah di curug Cupu

 

Kecamatan Paguyangan, Brebes ternyata juga memiliki tempat wisata curug yang bernama curug cupu. Curug ini memiliki ketinggian 14 meter saja namun di hiasi dengan oranamen tebing batu dan asrinya hutan pegunungan.

Kebun Teh Kaligua

tempat wisata di brebes

Spot foto keren di agrowisata Kaligua

Terletak di Kecamatan Paguyungan ada sebuah agrowisata kebun teh kaligua di desa pandansari. Di tempat wisata ini kamu bisa menikmati jalan-jalan menyusuri area kebun teh yang hijau dan asri, bikin mata dan hati terasa adem, selain itu ada beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan di agrowisata ini.

Telaga Renjang

tempat wisata di brebes

Nah telaga ini masih terlihat sangat asri

Telaga Cantik yang nggak boleh kamu lewatkan saat liburan di brebes, telaga ini dihuni ribuan ikan lele yang konon di kramatkan, kamu nggak boleh memancingnya apalagi membawanya pulang, konon katanya jika memancing atau membewa pulang kalian akan mendapat musibah.

Goa Jepang

tempat wisata di brebes

Salah satu wisata sejarah di brebes

Nggak cuma air terjun dan telaga saja di brebes juga ada sebuah goa peninggalan jepang yang di bangun di bawah kebun teh, yang memiliki keunikan lorong yang berliku-liku ada beberapa ruangan di dalam goa ini, seperti ruang tahanan, ruang pembantaia, kamar jugun ianfu, dan ruang senjata. Nah untuk memasuki wisata ini butuh pemandu agar tidak tersesat di dalam lorong.

Sumber Mata Air Tuk Bening

tempat wisata di brebes

Salah satu sumber mata air di brebes

Nggak cuma telaga saja yang ada di brebes, sumber mata air juga ada, salah satunya sumber mata air tuk bening. Tempat rekreasi satu ini cocok buat liburan bersama keluarga, kalian bisa menikmati segarnya membasuh wajah dengan sumber air ini, selain itu kamu bisa coba wahana prahu genjot yang bisa kalian sewe dengan harga Rp 50.000,-/30menit.

Waduk Penjalin

tempat wisata di brebes

Spot foto unik di waduk Penjalin

Sejumlah aliran sungai yang melintas brebes menjadi potensi tersendiri, terutama untuk sektor pertanian yang menjadikan kota bawang ini mendominasi produksi bawang merah dalam negri. Oleh sebab itu, dibangunlah waduk-waduk pada zaman kolonial belanda. Salah satunya terletak di kecamatan paguyangan.

Selain memberi manfaat pertanian di brebes, waduk ini juga di jadikan tempat wisata, kamu bisa merasakan serunya berkeliling waduk dengan prahu kayuh ini, selain itu panorama alamnya juga indah di tambah suasana yang sejuk.

Waduk Malahayu

tempat wisata di brebes

Pemandangan indah di waduk Malahayu

Terletak di desa malahayu, kecamatan banjerharjo, waduk ini bisa di bilang kembaran dari waduk penjalin, karna di bangun pada waktu yang sama, selain di manfaatan untuk irigasi, waduk malahayu juga di jadikan tempat rekreasi yang bisa kalian kunjungi.

Panorama hutan dan pohon jati di seitar waduk bisa kalian nikmati, selain itu kamu bisa manfaatkan fasilitas yang di sediakan, seperti kolam renang anak, taman bermain, becak air, serta panggung terbuka.

Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

tempat wisata di brebes

Pemandian air panas di brebes

Terletak di brebes selatan ada pemandian air panas yang bisa kalian coba, pemandian cipanas ini terletak di Desa Buaran, Kecamatan Bantarkawung, 70 km dari pusat kota brebes, di pemandian ini kamu juga di suguhkan pemandangan pedesaan yang asri. Pemandian ini juga berfungsi sebagai terapi bagrbagai penyakit, seperti rematik, pegal-pegal, dan asam urat.

Pantai Randusanga

tempat wisata di brebes

Salah satu pantai yang ramai wisatawan

Kurang lengkap liburan di brebes kalok belom ke pantai Randusanga. Inilah pantai di brebes yang selalu ramai pengunjung, apalagi di musim liburan, tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan ombak yang landai, cocok buat bermain air.

Pantai ini juga memiliki fasilitas yang mencukupi, namun daya tarik wisata ini adalah jalur atau rute perjalanan yang di lalui menampilkan pemandangan yang indah.

Sate Blengong

tempat wisata di brebes

Jangan lupa di coba kalok liburan ke brebes

Nah liburan di brebes kurang sempurna kalok belum coba makanan khas brebes yaitu sate blengong. Sate yang terbuat dari blengong unggas sejenis itik yang merupakan peranakan bebek dan menthok. Sate ini cocok di makan dengan kupat glabed. Kamu bisa menemukan makanan khas ini dengan mudah di alun-alun brebes. Nah itulah sedikit informasi tentang temat wisata di brebes paling populer dan siap kalian kunjungi.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda