Taman Nasional Baluran adalah the little Afrika nya di Indonesia. Afrika, sebuah benua yang dikenal memiliki hamparan savana luas dengan beragam spesies satwa liar. Suasana alam yang eksotis selalu menarik perhatian wisatawan di seluruh penjuru dunia untuk menikmatinya. Namun, bagi kamu yang ingin menyaksikan langsung kehidupan satwa liar tanpa harus ke Afrika, pergilah ke ujung Timur pulau Jawa, tepatnya di Taman Nasional Baluran.

Pemandangan Taman Nasional Baluran

Di Taman Nasional ini kamu akan disuguhi pemandangan alam lengkap dengan binatang liar yang hidup di dalamnya, mirip seperti yang ada di Africa. Tak heran jika Taman Nasional ini dijuluki sebagai The Little Africa in Java.

Bayangkan kamu berjalan di padang savanna dengan latar belakang langit biru yang luas dengan sebuah gunung yang mejulang tinggi dan hewan-hewan yang bergerombol. Pastinya akan sangat luar biasa mengagumkan.

Asal Usul Nama Taman Nasional Baluran

Asal Usul Nama Taman Nasional Baluran

Nama “Baluran” berasal dari nama gunung yang ada di daerah ini. Saat senja datang kamu akan terpesona dengan luasnya savana berlatar belakang jingganya langit. Lebih indah lagi jika kamu datang pada musim kemarau, karena suasana Afrika akan lebih terasa.

 

Lokasi Ikonik

Lokasi Ikonik di Taman Nasional Baluran

Tempat yang paling sering dikunjungi oleh turis adalah Pantai Bama dan tentu saja Savana Bekol. Pantai Bama adalah pantai dengan pasir putih dengan terumbu  karang dan ikan-ikan yang indah. Kamu bisa menikmati Pantai Bama dengan cara snorkeling, menaiki kano, berenang, dan bahkan diving. Di pantai Bama juga terdapat sebuah pohon mangrove yang diyakini sebagai pohon mangrove terbesar di Dunia. Selain itu juga ada pohon Bidara yang menjadi pohon terbesar di Asia.

Sementara itu nuansa Savana Bekol-lah yang akan mengingatkan tentang Afrika. Savana Bekol memiliki pemandangan yang sangat indah dengan Gunung Baluran di belakangnya. Bagi kamu yang suka mendaki kamu bisa mendaki Gunung Baluran didampingi oleh petugas.

Kamu tidak akan menyesal jika pergi ke Taman Nasional ini. Justru kamu akan terpesona dengan ke-eksotis-an alamnya yang tidak kalah dengan Afrika dan waktu sehari pun tidak akan cukup untuk memuaskan diri di sini. Ayo jelajahi keindahan Taman Nasional Baluran bersama Labiru Tour.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda