Tour JogjaKotabaru, sebuah distrik yang terletak di Yogyakarta, tidak hanya menyajikan kekayaan sejarah dan budaya yang mendalam, tetapi juga menawarkan pengalaman yang mengagumkan bagi para pengunjungnya.

Salah satu pesonanya yang menarik adalah atmosfernya yang khas, di mana tradisi dan modernitas saling berpadu harmonis. Sajian arsitektur klasik yang dipadukan dengan sentuhan kontemporer memberikan kesan unik pada setiap sudut kota ini.

Kotabaru Jogja menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi para pengunjung yang mencari pengalaman berkesan di Yogyakarta. Dari kekayaan sejarah sampai kelezatan kulinernya, semua menawarkan pengalaman unik yang tidak akan terlupakan.

Tertarik untuk berkunjung ke Kotabaru? Berikut rekomendasi tempat ikonik yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kotabaru Yogyakarta.

Museum Sandi

Credit: Kompas

Museum Sandi merupakan satu-satunya museum kriptografi yang berada di Indonesia. Lokasinya berada di Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman. Dibangun atas prakarsa Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama dengan Mayjen TNI Nachrowi Ramli.

Tujuan didirikannya Museum Sandi adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang sejarah persandian, melestarikan nilai-nilai sejarah persandian sebagai bagian perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan sebagai media penanaman nilai patriotisme kepada generasi penerus.

Koleksi di dalam Museum Sandi berupa informasi mengenai sejarah persandian, mesin persandian, replika mesin, barang keseharian pelaku sejarah sandi, dan berbagai macam dokumen yang berkaitan dengan persandian, dan masih banyak koleksi lainnya.

The House of Raminten

Credit: Travel Map

The House of Raminten adalah salah satu destinasi wisata kuliner yang sangat populer di Kota Yogyakarta. Restoran ini banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara. Menu disini juga beragam dan khas cita rasa nusantara, khususnya Jawa.

Daya tarik dari restoran ini adalah konsepnya yang sangat khas tradisional Jawa. Dekorasi dan musik gamelan gending Jawa yang senantiasa mengalun disini membuat suasana kental khas Jawa menjadi lebih terasa.

Selain itu, ada juga pertunjukan tari klasik yang diselenggarakan setiap hari Jumat pukul 10.00 WIB. Tidak hanya dekorasinya saja yang autentik, pelayan disini juga menggunakan busana tradisional khas Jawa yang unik.

Gereja Katolik Santo Antonius Padua

Credit: Tribun Jogja

Gereja Katolik Santo Antonius Padua ini biasanya dikenal dengan nama Gereja Kotabaru. Letaknya di Jl. Abu Bakar Ali No. 1, Kotabaru, Gondokusuman. Tepatnya berada di simpang tiga jalan utama yang menghubungkan Stadion Kridosono menuju Malioboro.

Sejarah singkatnya, bermula ketika Romo F. Strater mendirikan Kolsani dan Novisiat Kolsani pada 18 Agustus 1922. Perkembangan umat katolik yang terus bertambah mendasari pendirian Gereja yang diberi nama Santo Antonius van padua.

Pasar Bunga Kotabaru

Credit: Tribun Jogja

Bagi kamu pecinta bunga, wajib banget untuk mengunjungi pasar kembang Ahmad Jazuli yang bertempat di kawasan Kotabaru. Sebelumnya pedagang yang ada disini berjualan di dekat Stasiun Tugu, tetapi sekarang direlokasi di tempat ini untuk perkembangan lahan parkir.

Berbagai macam jenis bunga segar bisa dijumpai disini, biasanya bunga tersebut didatangkan dari Cipanas, Bandungan (Semarang) dan Malang. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, disini kamu bisa meminta rangkaian sesuai dengan budget masing-masing.

Gramedia Sudirman

Credit: Kompas

Gramedia Sudirman adalah Gramedia terbesar di Yogyakarta. Lokasinya terletak di Jl. Jendral Sudirman No.54-56 Kotabaru, Gondokusuman. Tepatnya di perempatan jika dari kanan jalan dari arah Bunderan UGM dan hanya berjarak 1,1 KM lurus ke Timur dari Tugu Jogja.

Gedung Gramedia ini sudah berdiri selama kurang lebih 52 tahun semenjak tahun 1970-an. Terdiri dari empat lantai, Gramedia ini tidak hanya menjual buku saja tetapi juga ada perlengkapan sekolah, alat tulis, aksesoris dan perlengkapan lainnya.