TEMPAT WISATA SEJARAH MALANG – Kota Malang memiliki sejarah yang panjang mulai dari kejayaan kerajaan-kerajaan di nusantara hingga pembangunan secara besar-besaran oleh pemerintah penjajahan belanda, oleh karna itu kota malang memiliki tempat-tempat bersejarah peninggalan dari kerajaan-kerajaan dan penjajahan belanda,

Akibat dari beberapa peristiwa itu kota malang modern ini memiliki berbagai macam Tempat Wisata Sejarah yang masih utuh dan menjadi bukti bahwa malang memiliki sejarah yang panjang

Berikut kami merangkum 8 tempat wisata sejarah di malang:

1. CANDI SINGOSARI

tempat wisata sejarah

Candi Singosari Source by: netiveindonesia.com

Pasti masyarakat Jawa Timur sudah tidak asing lagi dengan salah satu Tempat Wisata Sejarah di malang ini, yaa candi singosari yang dulunya milik kerajaan singosari yang di pimpin oleh Ken Arok pendiri kerajaan singosari.

Komplek wisata Candi Singosari berukuran 200 m x 400 m, sudah cukup lebar ya buat berwisata barsama keluarga, candi singosari terletak di tengah dan di kelilingi beberapa candi-candi kecil yang memperindah candi ini dan taukah kalian candi singosari ini adalah karya terahir dari kerajaan singosari sebelum runtuhnya kerajaan Singosari.

2. MONUMEN JUANG 45

tempat wisata sejarah

Monumen Juang 45 Source by: lingkarmalang

Monumen Juang 45 di bangun pada tahun 20 Mei 1975 dengan ide awal bisa menjadi Tempat Wisata Sejarah di Malang yang bisa di kunjungi, Juang 45 ini di bangun sebagai simbol penghormatan untuk para pahlawan, dan simbol semangat masyarakat kota malang melawan penjajah, monumen juang terletak di Jl. kartanegara, malang.

3. GEREJA IJEN

tempat wisata sejarah

Gereja Ijen Source by: kiospariwisata.com

Tempat Wisata Sejarah Gereja Ijen dulunya di bangun oleh kolonial belanda dengan nama awal gereja Theresiakerk dari bahasa belanda yang berarti gereja santa maria, gereja ijen ini di bangun Pada tanggal 28 Oktober 1934, dan situs wisata sejarah ini mudah di kunjungi terletak di tengah kota malang tepatnya jalan guntur nomer 2 kota malang.

4. CANDI SUMBERAWAN

tempat wisata sejarah

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan ini juga salah satu situs tempat wisata bersejarah yang juga peninggalan dari kerajaan singosari yang berlokasi di Desa Toyomarto, kecamatan singosari, kabupaten malang, jawa timur. tempat wisata ini menarik karna memiliki suasana yang asri atau natural banyak pepohonan rimbun menjadikan Tempat Wisata Sejarah ini sejuk.

5. TUGU MERDEKA MALANG

tempat wisata sejarah

Tugu Merdeka Malang

Obyek wisata tugu merdeka ini juga di sebut sebagai alun-alun bundar karna memiliki desing yang berbentuk bundar, alun-alun tersebut berada di dalam balai kota dan gedung DPRD Kota Malang, tempat wisata ini memilii beberapa tempat atou spot foto yang bagus-bagus, di sana juga kalian bisa bersantai sembari memandang bunga bunga yang indah.

6. KLENTENG ENG AN KIONG

tempat wisata sejarah

Klenteng Eng An Kiong

Klenteng Eng An Kiong menjadi salah satu Tempat Wisata Sejarah di malang yang berumur kurang lebih 2 abad tepatnya sudah menginjak 194 tahun, dengan umur yang sudah tua itu klenteng ini banyak menarik perhatian wisatawan luar kota maupun manca negara karna umur yang sudah sangat tua.

7. MUSEUM BRAWIJAYA

Museum Brawijaya

Wisata sejarah di Malang yang satu ini adalah sebuah museum yang bisa dikatakan cukup terkenal di kawasan Malang. Jika berkunjung ke museum ini maka kita akan disuguhi dengan beragam jenis benda-benda koleksi yang menarik, Selain itu di lokasi ini juga terdapat potret-potret perjuangan serta beragam jenis diorama perang yang menggambarkan kondisi saat itu.

8. MUSEUM GANESYA

Museum Ganesya Malang

Museum ini menyuguhkan banyak warisan dan peninggalan sejarah masa lampau. Mulai dari artefak pusaka tradisional, keris, arca, prasasti-prasasti, Selain itu Museum Ganesya juga menghadirkan kebudayaan khas Indonesia seperti seni topeng, wayang, dan khasanah panji dari tradisional hingga modern, Mau  mengunjungi Tempat Wisata Sejarah Malang kami bisa bantu LABIRUTOUR

9. MUSEUM ZOOLOGI FRATER VIANNY

Museum Zoologi Frater Vianny

Masyarakat malang jika di tanya tentang museum pasti kebanyakan hanya menjawab museum angkut atau museum brawijaya ya tak di herankan lagi 2 musim itu pling terkenal di malang, tapi tauhkah kalian tentang museum Zoologi Frater Vianny?

Museum yang dapat menguedukasi setiap pengunjungnya dengan banyaknya spesimen yang dapat digunakan para pengunjungnya untuk mempelajari ilmu Konkologi atau ilmu hewan dan kerang-kerangan baik darat dan laut. Sementara itu, museum ini juga memiliki banyak sekali koleksi spesimen beberapa jenis ular sehingga dapat digunakan untuk mempelajari ilmu Herpetologi atau ilmu yang mempelajari tentang biologi ular

10. CANDI JAWAR OMBO

Candi Jawar Ombo

Candi Jawar Ombo salah satu situs peninggalan kerajaan majapahit yang berada di ketinggian 1400 dpl, selain daya tarik sejarah candi jawar ombo juga menyuguhkan pemandangan khas pegunungan, lelah perjalanan menuju puncak akan terbayar lunas dengan pemandangan menakjubkan, Tempat wisata sejarah malang ini terletak di dsn Kaliputih, Mulyoasri, kec. Ampel Gading, daerah Malang Selatan.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda