Meskipun tidak begitu dikenal, sebenarnya Klaten memiliki potensi wisata yang unik yaitu Umbul di Klaten atau Sumber mata airnya. Sebagian wilayah Klaten yang berada di lereng gunung Merapi membuat Klaten memiliki bentang alam yang unik. Klaten terkenal sebagai kota seribu umbul, atau seribu mata air dalam bahasa Indonesia.

Dua umbul di Klaten yang paling terkenal adalah Umbul Ponggok dan Umbul Manten. Sebenarnya apa saja sih keunikan 2 Umbul di Klaten ini, yuk simak pemaparan dari Tim Labiru berikut ini.

Umbul Ponggok | Umbul di Klaten yang Kekinian

Umbul Ponggok adalah kolam alami yang dikembangkan menjadi destinasi wisata bawah air yang cukup terkenal tidak hanya terkenal di Klaten, tapi juga di Jawa Tengah. Umbul Ponggok berlokasi di jalur Polanharjo-Delanggu, Umbul Ponggok sangat ramai dikunjungi, terutama di hari libur.

Harga Tiket Umbul di Klaten

Wahana Baru di Umbul Ponggok

Di Umbul di Klaten yang kekinian ini, kamu bisa melakukan snorkeling air tawar bersama ikan-ikan yang dibiarkan hidup, sehingga menambah kesan alami dari Umbul Ponggok sendiri.

Untuk kamu yang tidak bisa berenang, tenang saja. Meskipun Umbul ponggok memiliki kedalaman rata-rata 2 meter, disini kamu bisa menyewa alat-alat snorkel yang bisa memberikanmu pengalaman snorkeling yang unik.

Selain snorkeling, disini kamu juga bisa melakukan foto underwater. Ya, foto underwater adalah kegiatan favorit pengunjung yang berlibur di salah satu Umbul di Klaten ini. Di sekitar umbul Ponggok, banyak orang yang menjual waterproof case untuk ponsel. Selain memakai ponsel, disini juga disewakan peranti-peranti yang menunjang fotomu biar semakin kece.

Untuk wisatawan yang ingin masuk ke area Umbul Ponggok, dipungut biaya sebesar 15.000 ribu rupiah per orang.

Umbul Manten

Tak jauh dari Umbul Ponggok, ada satu umbul di Klaten yang cukup terkenal. Yaitu Umbul Manten. Umbul Manten, bukan umbul Mantan lho yaa… ingat. Berbeda dengan Umbul Ponggok yang cukup luas dan agak dalam, Umbul Manten lebih kecil dan dangkal. Meskipun begitu, airnya sedingin es dan sebening kaca. Sungguh.

Lokasi Umbul di Klaten

Pemandangan Bawah Air Umbul Manten

Sekeliling umbul Manten dikelilingi pohon beringin dan persawahan. yang luas. Selain sebagai tempat wisata, Umbul Manten juga berfungsi sebagai sarana irigasi sawah warga. Untuk menuju lokasi Umbul, kamu cukup berjalan sedikit karena lokasinya yang sedikit tersembunyi dari jalan raya.

Harga tiket masuk ke lokasi ini pengunjung cukup dikenai tarif sebesar 2.000 rupiah saja. Meskipun umbul ini kecil, dan tiketnya yang sangat murah, kamu dijamin betah berlama-lama disini.

Nah bagaimana, tertarik dengan keindahan keindahan Umbul Ponggok dan Umbul Manten ? Jangan lupa pesan paket liburan bersama Labiru, mampir juga ke Umbul di Klaten tadi biar pikiran refresh kembali.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda