Kalau kamu selama ini menganggap wisata kota tua hanya ada di Jakarta, maka kamu harus kembali membuka buku sejarah lagi. Ya, setiap kota di Indonesia punya ceritanya masing-masing di masa lalu. Warisan yang turun temurun sejak dahulu kala menjadikan beberapa kota ini memiliki wisata kota tua di Indonesia yang wajib dikunjungi.

Berikut daftar kota di Indonesia yang wajib kamu kunjungi dari Labiru.

 

Kota Tua Jakarta, Wisata Kota Tua di Indonesia

Kota Tua Jakarta.  Mungkin inilah wisata kota tua paling populer di Indonesia.  Terletak di ibukota Jakarta,  wisata kota tua ramai setiap akhir pekan tiba.  Jakarta yang merupakan kota terbesar tentu mempunyai sejarah yang panjang.

Kota Tua Jakarta, Wisata Kota Tua di Indonesia

sisa-sisa Batavia, bisa terlihat dengan jelas di beberapa bangunan tua yang antik, namun tetap cantik di Kota Tua, Jakarta. Seperti Museum Fatahillah, dan juga Museum Bank Indonesia yang kini sudah semakin eksotis setelah mendapat sentuhan perbaikan di sana-sini.

 

Kota Tua Bandung, Wisata Kota Tua di Indonesia

Bandung merupakan salah satu kota bersejarah dalam cerita panjang Indonesia. Ibukota bumi Parahyangan memiliki banyak bangunan tua yang menjadi saksi bisu perjuangan. Bandung bahkan disebut sebagai Paris Van Java.

Kota Tua Bandung, Wisata Kota Tua di Indonesia

Sempatkan untuk berjalan kaki di sepanjang jalan Asia Afrika di Bandung. Dijamin, kamu akan serasa langsung kembali ke jaman dulu.

 

Kota Tua Semarang, Wisata Kota Tua di Indonesia

Selain mengunjungi Lawang Sewu yang sama sekali tak boleh dilewatkan, Semarang punya sederetan bangunan antik yang sangat memanjakan mata. Salah satu yang paling terkenal adalah Gereja Blenduk, yang dengan kubah bundarnya malah menyerupai bangunan masjid.

Kota Tua Semarang, Wisata Kota Tua di Indonesia

Kota yang menjadi saksi perjuangan kemerdekaan Indonesia ini punya banyak bangunan tua yang pasti akan membuatmu terkagum – kagum.

 

Kota Tua Tegal

Tegal termasuk kota yang sangat tua. Bisa dibilang, usianya sudah mencapai 4 abad. Nah, sudah pasti di kota ini tersimpan banyak sekali bangunan tua yang bisa dijadikan pemandangan di masa kini.

Kota Tua Tegal

Yang menjadi ikon dari kota Tegal adalah menara air yang berasal dari bangunan lama. Selain menara air tersebut, Tegal punya banyak bangunan tua yang masih difungsikan hingga kini.

 

Kota Tua Surabaya

Surabaya, ibu kota dari Jawa Timur ini merupakan salah satu kota paling lama di Indonesia. Banyak bangunan yang masih dijaga keindahannya untuk menjaga sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Kota Tua Surabaya

Tak sedikit bangunan tua yang masih berfungsi dengan baik di Kota Pahlawan. Ada yang menjadi bank, hotel, bahkan juga museum. Jelajah kota tua ini, selain bisa membawa kita bernostalgia

 

Kota Tua Surakarta

Jawa Tengah memang tak kurang-kurangnya pesona yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Selain Kota Semarang dan Kota Gudeg, Jogja, Solo sebuah kota kecil di di timur Jogja juga punya pesona sendiri soal bangunan tua.

kota tua surakarta Omah Lowo

Di Solo banyak sekali bangunan tua nan bersejarah yang bisa menjadi lokasi hunting foto. Yang paling terkenal dan banyak diperbincangkan di Solo adalah Omah Lowo. Selain itu, keraton-keraton, juga benteng di kota ini pun masih sangat menawan.

 

Kota Tua Medan

Kota Medan, Sumatera Utara ternyata menyimpan banyak bangunan tua di dalam kotanya. Salah satunya adalah gedung London Sumatera ini. Gedung yang berdiri sejak tahun 1906 ini dinamai demikian karena arsitekturnya yang kental akan gaya Eropa, tapi terletak di Sumatera.

kota tua Medan

London Sumatera menjadi gedung pertama berlantai 5 yang  mempunyai lantai setinggi itu pada masanya. Sampai sekarang, gedung ini menjadi perkantoran dan namanya berubah menjadi kantor PP London Sumatra.

 

.

Nah itulah tadi Destinasi Wisata Kota Tua di Indonesia, Kota mana nih yang mau kamu jadikan bahan untuk nostalgia. atau untuk foto prewedding nanti. Jangan lupa liburan!

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda