Paket Wisata Jogja – Siapa sih yang tidak tahu kawasan wisata Candi Prambanan? Candi Hindu paling terkenal di Indonesia ini terletak di Timur Kota Yogyakarta. Hingga saat ini, kawasan ini masih menjadi salah satu wisata sejarah dan edukasi paling populer di Jogja.

Eits, tapi ternyata tidak hanya Candi Prambanan saja loh. Di sekitar kawasan wisata Candi Prambanan terdapat candi – candi lain dan objek wisata yang tidak kalah menariknya. Bisa sekalian kamu kunjungi ketika berlibur ke area ini karena masih satu arah atau satu kawasan.

Jadi, ada objek wisata apa saja yang dekat dengan kawasan Candi Prambanan dan direkomendasikan untuk kamu kunjungi bersama keluarga?

 

Candi Sewu

Candi Prambanan - Labiru Tour

Candi ini terletak di sebelah utara Candi Prambanan. Jaraknya pun tidak jauh, hanya 800 meter saja. Berbeda dengan Candi Prambanan, Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha yang bahkan berusia lebih tua daripada Candi Borobudur yang terletak di Magelang.

Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Sewu atau Candi Seribu. Hal ini dikarenakan saking banyaknya bangunan candi yang jika ditotal mencapai 249 candi. Konon, candi ini juga merupakan candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Candi Sewu.

Waktu terbaik untuk datang ke kawasan ini adalah pagi hari karena menawarkan pemandangan matahari terbit yang luar biasa indah dan dramatis. Tenang, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000,- saja per orang dengan biaya parkir mulai 2000,-.

 

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko masih berada pada pengelolaan yang sama dengan Candi Prambanan, sehingga kamu tidak perlu membeli tiket terpisah karena biasanya pengelola menawarkan paket terusan ke Candi Ratu Boko juga dengan harga yang lebih hemat.

Lokasinya pun tidak terlalu jauh. Jika kamu menggunakan tiket terusan, tidak perlu repot mencari jalan sendiri karena pengelola sudah menyediakan kendaraan khusus untuk diantarkan langsung menuju lokasi istana Ratu Boko.

Istana Ratu Boko tidak memiliki banyak bangunan tapi memiliki taman hijau dan halaman yang sangat luas. Tempat terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam karena pemandangan akan sangat eksotik.

 

Candi Plaosan

Candi Plaosan memiliki keunikan tersendiri karena terletak di dekat areal persawahan dan perkebunan warga sehingga suasananya masih sangat asri dan sejuk. Tentu, waktu terbaik untuk mengunjungi candi ini adalah pada pagi hari.

Meskipin ukurannya jauh lebih kecil dari candi di sekitarnya, candi ini paling cocok untuk bersepeda santai sambil menikmati suasana syahdu tempat ini. Tiket masuknya pun cukup terjangkau karena kamu hanya kana dikenakan biaya retribusi sebesar 3000,- saja per orang dengan jam buka mulai pukul 07.30 – 16.30 waktu setempat.

 

Candi Sambisari

Credit: Kompas

Keunikan candi Sambisari dibandingkan dengan candi Prambanan dan lainnya adalah gaya arsitekturnya yang cenderung agak berbeda. Terdapat taman rerumputan yang rapi dan terawat sehingga sangat nyaman untuk berjalan-jalan.

Jika kamu berencana berkunjung ke tempat ini, kamu harus mencoba Soto Batok yang menjadi kuliner legendaris di tempat ini sejak lama. Lebih menarik lagi jika kamu datang pada pagi hari ketika udara sedang sejuk-sejuknya.

Kamu bisa datang mulai pukul 07.00 – 17.00 waktu setempat dengan membayar biaya retribusi mulai 6000,- saja per orang untuk wisatawan lokal dan 15.000,- untuk wisatawan asing.

 

Candi Ijo

Candi dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta adalah Candi Ijo. Tidak heran jika pemandangan di tempat ini sangat menakjubkan dan suasana sejuknya sangat menenangkan. Terdapat hamparan rerumputan hijau dan taman yang rapi sehingga disebut Candi Ijo.

Candi ini buka mulai pukul 09.00 – 17.00 waktu setempat pada hari kerja dan pukul 07.00 – 17.00 WIB pada hari libur. Tiket masuknya pun cukup terjangkau mulai 7000,- saja bagi wisatawan lokal.

Baca Juga: 10 Wisata Pantai Banyuwangi Paling Indah

Tebing Breksi

Tebing Breksi

Salah satu lokasi wisata hits di kawasan timur Jogja adalah Tebing Breksi, tidak hanya untuk menimati pemadangan saja. Area ini dulunya merupakan bekas pertambangan yang saat ini sudah tidak aktif. Pemandangan dari atas Tebing Breksi memang menakjubkan untuk berburu foto.

Fasilitasnya pun terbilang cukup lengkap dan ada banyak warung makan untuk sekedar bersantai di tempat ini. Ada juga pemain musik dadakan yang sering menghibur wisatawan. Tebing Breksi buka pada pukul 06.00 – 18.00 WIB pada hari senin dan 06.00 – 22.00 WIB pada hari Selasa hingga Sabtu.

Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000,- saja per orang belum termasuk biaya parkir.

 

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok juga merupakan salah satu tempat wisata yang pernah viral di media sosial. Berada di timur Jogja, tempat ini sebenarnya sudah masuk kawasan daerah Klaten. Kamu bisa berenang bersama ikan beraneka warna dan foto underwater bersama ikan-ikan dan properti – properti menarik yang bisa kamu gunakan di tempat ini.

Umbul Ponggo buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan biaya tiket masuk mulai 15.000,- saja per orang. Jika ingin berfoto underwater walker, kamu perlu membayar biaya tambahan sebesar 150.000,-. Jika kamu tertarik untuk eksplore bawah laut, kamu akan dibebankan biaya tambahan sebesar 250.000,-