10 Makanan Khas Malang – Kalau kamu mendengar kata Malang apa yang ada di benakmu? Kebanyakan pasti ingat dengan “Apel Malang”. Ya, Malang memang terkenal dengan buah apelnya, seperti sudah menjadi identitas tersendiri. Namun selain apel, ada banyak makanan khas Malang yang enak-enak dan wajib kamu coba. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasan berikut yaaa…

Baca Juga : Cobain Berbagai Makanan Wisata Kuliner di Cirebon

  1. Sari Apel

Sari Apel (Cr : Google/Kompas.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah apel sangat ikonik di Kota Malang. Berbagai macam olahan dari apel pun laris dijual di pasaran. Salah satunya adalah sari apel. Memiliki rasa manis dan segar, minuman sari apel khas Malang dibuat buah apel asli. Namun wisatawan harus pintar memilih produk sari apel yang berkualitas dan tanpa bahan pengawet. Produk sari apel khas Malang ini dijual mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per kotak.

  1. Keripik Buah

Keripik Buah Khas Malang (Cr : Google/Shopee)

Satu lagi olahan buah yang terkenal yaitu keripik buah. Berbagai jenis buah diolah menjadi keripik-keripik nikmat antara lain buah apel, nangka, nanas, salak, pisang dan lain sebagainya. Banyak toko oleh-oleh yang menjual keripik buah dengan berbagai macam merk. Kamu bisa memilih sesuai seleramu.

  1. Malang Strudel

Malang Strudel (Cr : Google)

Malang Strudel menjadi kue kekinian yang biasa dibawa pulang oleh wisatawan. Renyahnya kue pastry berlapis dengan berbagai rasa isian ini menjadi oleh-oleh hits sejak tahun 2014. Malang Strudel dijual dalam kemasan kotak mulai dari harga Rp 40.000 hingga Rp 128.000.

  1. Nasi Jagung

Nasi Jagung Malang (Cr : Google)

Jika kamu berkunjung ke Malang, kamu harus mencoba makanan khas yang satu ini. Makanan khas yang sangat legendaris dan sudah ada saat jaman Belanda. Dahulu nasi jagung hanya disajikan dengan lauk alakadarnya seperti ikan asin dan menjadi pengganti nasi beras yang sangat mahal pada saat itu.

Dengan berkembangnya jaman, makanan ini berubah dengan inovasi – inovasi kuliner yang memiliki daya jual. Dalam penyajianya saat ini, nasi jagung bisa diberikan berbagai jenis lauk dan menarik, seperti irisan telur dadar, daging ayam, sambal goreng tempe dan mentimun.

  1. Bakso Malang

Bakso Malang (Cr : Google)

Siapa yang tidak tahu Bakso Malang? Hampir semua orang di Indonesia tahu Bakso Malang. Sama seperti apel, bakso sangat melekat erat dengan nama Malang. Dalam sajianya biasanya terdapat banyak macam makanan seperti bakso, pangsit kering, pangsit basah, tahu putih, mie kuning, mie putih, bawang goreng, daun bawang dan toge. Diolah dengan bumbu rahasia makanan ini memiliki rasa yang lezat dan menjadi ikon kota Malang itu sendiri.

Baca Juga :

  1. Bakso Bakar

Bakso Bakar Malang (Cr Google)

Bakso Bakar merupakan makanan khas Malang yang sedang naik daun. Melalui inovasi dalam bidang kuliner yang sangat cerdas, masyarakat Malang mencetuskan makanan yang sederhana namun bisa sangat diterima di masyarakat.

Pada dasarnya bakso utuh yang belum dibakar sudah memiliki rasa yang sangat enak, dan saat dibakar bakso akan lebih mengeluarkan aroma yang sangat menggoda dan memberikan cita rasa yang berbeda.

  1. Pia Mangkok

Pia Mangkok Malang (Cr : Google)

Pia mangkok juga menjadi oleh-oleh legendaris dari kota Malang yang wajib dibawa pulang. Panganan ini sudah ada sejak tahun 1959 dengan rasa klasik berisi kacang hijau. Kini Pia Malang juga memiliki beragam pilihan rasa lain seperti keju, coklat, durian, dan green tea. Harga pia mangkok khas Malang mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 90.000 rupiah per kotak.

  1. Madu Klanceng

Madu Klanceng (Cr : Google)

Madu Klanceng khas malang terkenal karena khasiatnya untuk menjaga kesehatan. Hal ini membuat harga madu Klanceng memang sedikit lebih mahal dari madu biasa. Meski begitu, wisatawan harus jeli untuk memilih mana madu Klanceng murni dan tanpa campuran apapun.

  1. Tempe Mendol

Tempe Mendol (Cr : Google)

Tempe mendol merupakan makanan khas Malang dengan bahan dasar sangat sederhana, yaitu dari tempe kedelai. Dinamakan tempe mendol karena bentuknya yang bulat lonjong.

Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah dengan diberikan bumbu sedemikian rupa dan diolah dengan tingkat kematangan yang pas.

Makanan ini bisa dengan mudah kamu jumpai di warung – warung makan yang ada di Malang, terutama pada warung – warung nasi pecel lele.

  1. Orem-Orem

Orem-Orem (Cr : Google)

Malang memang dikenal sebagai kota penghasil tempe, dengan bahan yang sederhana ini terciptalah makanan khas yaang diberi nama orem – orem. Orem – orem merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar tempe goreng yang sudah digoreng dan diiris tipis. Sebelum digoreng, tempe ini sudah diberikan bumbu – bumbu khas yang membuat rasa lebih nikmat.

Dalam penyajianya, orem – orem biasanya ditemani dengan suwiran daging ayam, telor asin rebus dan kuah santan yang sangat kental.

Itu tadi makanan khas Malang yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Malang. Makanan-makanan tersebut tergolong makanan rakyat sehingga harganya cukup murah.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda