Wisata BandungKembali lagi bersama Bandung yang selalu memberikan kejutan tempat wisata. Kali Ini Bandung kembali bersinar dengan lokasi wisata yang mengusung konsep cukup unik.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau Bandung kembali “bersinar”, tempat wisata terbaru di Bandung ini sungguh memancarkan sinar di malam hari.

Hutan Mycelia, hutan yang akan membuatmu seperti berada di negeri dongeng ini memiliki konsep dan tampilan yang unik, salah satunya karena berada diantara jajaran pohon pinus di Cikole.

Berikut beberapa hal mengenai Hutan Mycelia yang mungkin perlu kamu ketahui sebelum berkunjung. Jangan lupa untuk berkunjung untuk menikmati sinar di malam hari terbaru Bandung ini.

Daya Tarik

Credit: iNews jabar

Tempat ini mengandalkan keberadaan hutan pinus setempat untuk diubah menjadi lokasi wisata edukasi yang juga bisa menjadi lokasi yang bisa dikunjungi bersama teman atau keluarga untuk bersenang-senang.

Dilengkapi lampu berbagai warna dan bentuk di sana sini membuat Hutan Mycelia sangat bersinar di tengah gelapnya malam daerah pegunungan.

Wisata malam Hutan Mycelia ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi, dimana tempat ini menawarkan pengalaman eksplorasi unik sambil ditemani berbagai animasi dan dekorasi jamur-jamur yang dilengkapi pendar cahaya cantik.

Hutan ini mengusung konsep jamur, dimana pengunjung akan diajak belajar lebih jauh mengenai jamur dengan cara yang unik yakni dengan perpaduan audio dan visual yang juga disertai selingan penjelasan.

Tentunya ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan karena pengunjung, terlebih lagi anak-anak, karena mereka akan belajar sambil dikelilingi jamur-jamur yang memancarkan sinar berbagai warna.

Kamu akan diarahkan oleh guide yang akan memandu dan menjelaskan tentang Hutan Mycelia ini. Terdapat 4 “rumah” di hutan ini dimana masing-masing “rumah” memiliki cerita masing-masing. Kamu bahkan diperbolehkan untuk masuk dan melihat isi dari “rumah-rumah” tersebut.

Dari arah pintu Masuk, kamu akan langsung disambut dengan replika berbagai bentuk jamur dengan cahaya pendar warna-warni berukuran besar yang disebut jamur Jala-Jala. Jamur ini diceritakan merupakan tempat tinggal bangsa Mycelia.

Selain itu, kamu dapat mencoba pilihan face paint yang disediakan, dimana tubuh atau wajah kamu akan dilukis dengan cat yang bisa bersinar di dalam kegelapan.

Wisata malam satu ini termasuk kategori sangat baru karena baru dibuka pada tanggal 1 Oktober 2023. Namun siapa sangka, bahkan pada usia awal berdirinya, Hutan Mycelia sudah berhasil menarik banyak pengunjung yang bahkan rela mengantri agar bisa menikmati keindahan malam hari yang disuguhkan hutan warna-warni ini.

Lokasi dan Jam Operasional

Crediit: IDNTimes

Wisata Malam Hutan Mycelia berlokasi di Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Untuk jam operasionalnya, hutan ini buka setiap hari mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Karena pada dasarnya merupakan tempat wisata malam hari, maka tempat ini akan semakin ramai jika semakin malam. Jika kamu ingin berkunjung, sebaiknya datang lebih awal agar tidak perlu terlalu lama mengantri dan bisa lebih leluasa dan maksimal menikmati keindahan Hutan Mycelia.

Rute Menuju Hutan Mycelia

Jika dari Pusat Kota Bandung, kamu bisa memulai dari Jalan Ir. H. Juanda, kemudian lurus sampai Jalan Dago Giri. Kemudian belok kiri di pertigaan Jalan Dago Giri menuju Jalan Buniwangi. Setelahnya kamu tinggal lurus terus hingga pertigaan Jalan Ciputri, kemudian belok kanan ke Jalan Nyampay.

Jika kamu pernah berkunjung ke Grafika Cikole, kamu pasti sudah tau rute yang harus ditempuh untuk mencapai hutan ini.

Baca Juga: Wisata Malam Jogja, City Tour Malam Hari Destinasi Wisata Ini

Harga Tiket Masuk

Kamu perlu membayar sebesar Rp50.000,00 jika ingin masuk dan menikmati pemandangan jamur-jamur bercahaya dan juga rumah hobbit yang bersinar indah di hutan ini. Untuk pilihan face paint akan dikenakan biaya mulai Rp15.000,00/orang

Tips Berkunjung

Credit: IDNTimes

  • Karena terletak di daerah hutan pinus, sebaiknya kamu memperhatikan pakaian yang akan kamu kenakan demi kenyamananmu.
  • Perhatikan alas kaki yang akan kamu pakai, pastikan aman dan nyaman bagi kamu ketika berjalan menyusuri Hutan Mycelia
  • Pastikan kendaraan yang kamu gunakan menuju Hutan Mycelia dalam keadaan prima demi keamananmu.
  • Jika kamu berkunjung saat musim hujan, ingatlah kata pepatah, “sedia payung sebelum hujan”, dan berhati-hatilah karena kawasan hutan akan menjadi lebih licin saat musim hujan.
  • Buanglah sampah pada tempatnya. Lebih bagus lagi apabila kamu membawa tas sampah dari rumah. Jagalah kebersihan hutan untuk kenyamanan bersama.
  • Berjalanlah di jalur yang sudah ditetapkan saat menyusuri Hutan Mycelia.

Itulah dia beberapa hal yang mungkin perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi Hutan Mycelia. Semoga kunjungan kamu menyenangkan ya!

Baca Juga: 10 Penginapan Murah di Bandung, Backpacker Harus Tetap Estetik 

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung