Pantai Tanjung Tinggi di Belitung, menjadi terkenal semenjak dijadikan tempat syuting film Laskar Pelangi. Pantai estetis yang menarik dengan banyaknya batu-batu granit raksasa ini membuat tidak sedikit wisatawan penasaran dan hendak berkunjung. Di samping Film familiar Laskar Pelangi, film Sang Pemimpi pun menjadikan pantai ini sebagai di antara tempat syuting. Selain keelokan pantainya, pesona dari Pantai Tanjung Tinggi sebetulnya ada pada hamparan batu-batu granit. Batu-batu granit raksasa yang ada di dekat pantai demikian unik. Batuan ini tepatnya sedang di sebelah unsur timur pantai. Batu-batu itu mempunyai ukuran yang berbagai ragam, terdapat yang paling besar dan relatif kecil. Bagi pengunjung yang kegemaran fotografi, dapat mengambil objek batu-batu itu sebagai objek foto. Atau dapat juga memfoto model, dengan latar belakang Pantai dan matahari terbenam. Tidak melulu menikmati pesona keelokan panorama pantai saja, pengunjung juga dapat melakukan sekian banyak macam aktivitas. Aktivitas yang dapat Anda kerjakan di pantai ini yaitu, berjemur, berenang, memancing, snorkeling, menyelam, dan mencarter jetski. Selain tersebut ada juga kemudahan menjelajah dengan kano atau perahu karet. Jika pengunjung hendak melakukan penyelaman, pengunjung bakal menjumpai sekian banyak jenis, format dan warna spesies laut. Spesies fauna laut tersebut menghuni pantai ini beserta “rumah-rumahnya” yang tercipta dari terumbu karang.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Belitung Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

pantai tanjung tinggi

Potret Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Daya Tarik Pantai Tanjung Tinggi

Lokasi Hunting Foto

Pantai Tanjung Tinggi

Spot foto di Pantai Tanjung Tinggi

Yang menciptakan pantai di Belitung bertolak belakang dari pantai lainnya di Indonesia ialah bebatuan granit. Puluhan batuan granit raksasa pelbagai ukuran menghiasi pantai dan terlihat paling instagramable. Begitu pun dengan Pantai Tanjung Tinggi yang mempunyai bebatuan granit raksasa di kedua ujung pantai. Bagi pengunjung yang suka menggali sudut-sudut instagramable, jangan melulu bersantai-santai di pinggir pantai. Pengunjung dapat mencoba menjelajahi bebatuan granit di pantai Tanjung Tinggi Sejatinya di balik bebatuan granit raksasa itu tersembunyi apik pemandangan pantai yang tak kalah menarik. Bebatuan pelbagai ukuran tersebar di pinggir pantai. Pengunjung dapat saja mengupayakan naik ke atas batu untuk memungut foto. Namun mesti hati-hati, sebab ada unsur bebatuan yang pun licin. Setelah puas bermain air dan hunting foto, traveler dapat bersantai di warung-warung yang terdapat di pinggir pantai. Akan lebih nikmat panas-panas begini minum es kelapa muda.

Aktivitas Pantai

Bebagai aktivitas seru di Pantai Tanjung Tinggi

 

Di wisata pantai Belitung ini, pengunjung tidak hanya disuruh atau melulu jalan-jalan sambil merasakan pemandangan pantai. Pengunjung pun dapat merasakan berbagai kegiatan pantai. Pengunjung bisa melakukan sekian banyak kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari berenang, berjemur, memancing, menyelam, snorkeling, main kano, sampai main jetski. Tarif sewanya juga bervariasi dari mulai Rp 10 ribu rupiah guna pelampung hingga dengan Rp 70 rupiah guna perahu karet dan kano. Di sini juga tidak sedikit pedagang asongan yang memasarkan kacamata renang, bila pengunjung yang hendak main air tak sempat membawanya.

Kuliner Khas

Di pantai ini pun ada warung-warung yang menyediakan sekian banyak macam makanan seafood.  Setelah lelah melakukan sekian banyak aktivitas, pengunjung dapat beristirahat di rumah santap yang ada di dekat pantai.

Pulau Belitung familiar dengan penghasil sea food berbobot | berbobot | berkualitas ekspor. Sebagian besar ikan dan udang yang didapatkan nelayan di pulau ini diekspor ke manca negara. Oleh sebab potensi ikan laut yang besar, maka tidak sedikit makanan atau kuliner Belitung dengan bahan dasar makanan hasil laut. Di selama Pantai Tanjung Tinggi tidak sedikit dijumpai warung-warung yang menjual sea food, mulai dari Gangan, ikan bakar, udang, cumi-cumi dan beda lainnya. Pengunjung bisa mencoba sejumlah tempat makanan itu secara berganti ganti, supaya ada variasi rasa dan suasana. Jangan tak sempat untuk merasakan salah satu makanan khas Belitung, yang dapat Anda temukan di pantai ini yaitu Gangan. Gangan ialah masakan yang berupa sayur yang memakai kunyit sebagai bumbu utamanya. Kemudian diolah bareng nanas muda dan kepala ikan. Gangan mempunyai rasa asam-pedas yang akan meningkatkan selera santap Anda.

Teluk Yang Tenang

Pantai Tanjung Tinggi berbentuk busur derajat dengan diameter 100 meter. Di sepanjang pantai ini, pengunjungakan menyaksikan pemandangan yang sangat estetis dan unik sebab perbedaan pasang naik dan pasang surutnya paling sedikit. Karena berbentuk teluk, maka arus ombak di pantai ini relatif tenang. Kondisi ombak ini sangat sesuai untuk pekerjaan olahraga airTanjung Tinggi juga disebut Pelabuhan Bilik. Penamaan ini diserahkan masyarakat lokal, sebab dahulu lokasi ini ialah pelabuhan nelayan. Nelayan yang berlabuh di sini, ialah nelayan warga desa Keciput atau Tanjung Tinggi.Saat bermain air, Pengunjung tidak perlu cemas dengan serangan ikan hiu. Di pantai ini tidak pernah tampak ada ikan hiu. Yang butuh diwaspadai melulu keberadaan ubur-ubur. Ubur-ubur memang tidak mematikan, tetapi sengatnya paling menyakitkan, khususnya yang berukuran besar.

Sunset

Jika berangjangsana ke Belitung dan hendak menikmati hangatnya matahari terbenam, Pantai Tanjung Tinggi ini ialah slaah satu opsi utama. Pantai yang terletak di unsur utara pulau Belitung ini adalahsalah satu lokasi yang sempurna untuk menyaksikan pergerakan matahari yang tengah mengarah ke tempat peraduannya. Ketika terbenamnya sang surya sudah menjelang dan sinarnya yang kuning keemasan tersebut memapar bebatuan dan air pantai, keadaan pantai menjadi berkilauan. Pengunjung dapat memilih, apakah inginkan memotret ke arah timur, atau ke ufuk barat, lokasi sang mentari dan guratan garis-garis cakrawala berada. Keduanya sama-sama begitu cantik dan menawan. Saat sore datang, di pantai ini umum didatangi ada puluhan fotografer yang bersenjatakan menyeluruh mulai dari kamera, filter GND ( Graduated Neutral Density), shutter timer dan tak tak sempat tripod yang telah tegak berdiri. Mereka seluruh sudah bersiap di posisi kesayangan masing-masing dengan lensa kamera terhunus, menghadap ke arah matahari.

Lokasi 

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. ini terletak di sebelah utara pulau Belitung, jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjungpandan.Rute Menuju Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Belitung Barat. Dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin memerlukan waktu 1 jam perjalanan. Pengunjung dapat memungut rute melewati Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Rute ini memang lebih panjang dari rute lain, namun rute ini melewati tidak sedikit restoran, ATM, dan warung. Semua kemudahan itu tentu dibutuhkan untuk melakukan pembelian persediaan guna piknik asyik di pantainya. Ada rute beda yang dapat ditempuh, dan lebih singkat waktunya. Rute tersebut lewat Jl.Sudirman-Jl.Sjiuk. Dari sini bakal tembus ke Jl. Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Dengan melewati rute ini, pengunjung dapat istirahat sejenak, mampir ke Danau KaolinMasalah kelancaran transportasi, tidak butuh khawatir. Jalanan Belitung tidak macet. Kondisi jalan pun relatif sepi dan kualitasnya terjaga baik.

Jam Buka 

Pantai ini tidak mempunyai jam operasional yang pasti. Jadi secara praktis, pantai ini buka 24 jam. Tiket Pantai Tanjung Tinggi

Untuk merasakan keindahan pantai laskar bianglala ini, pengunjung dikenakan tiket Rp 10.000. Biaya tersebut masih diperbanyak dengan pungutan parkir.

Fasilitas 

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi relatif lengkap. Terdapat warung makan, toilet umum, serta sarana dan prasarana wisata laksana persewaan jetski dan kano. Bagi pengujung yang bermalam di dekat pantai, ada sejumlah penginapan yang tersedia. Penginapan tersebut mulai dari ruang belajar homestay sampai hotel berbintang. Rata-rata penginapan di wilayah ini dibanderol dengan harga Rp.150.000 hingga Rp.250.000. Bagi kamar dengan harga Rp. 150.000 dapat diisi dengan kapasitas maksimal 2 orang. Fasilitas dalam kamar seringkali terdiri dari AC, kamar mandi dalam, TV, dan sarapan. Beberapa hotel pun menyediakan kemudahan WiFi sampai-sampai pengunjung dapat segera mengunggah potret yang dipungut ke acc media sosial masing-masing.

Tips Berwisata ke Pantai Tanjung Tinggi

Mengingat wisata ke pantai tanjung tinggi termasuk wisata luar wilayah dan jarak jauh, perlu diciptakan persiapan matang supaya perjalanan jauh tersebut tidak sia-sia. Atau sangat tidak kesenangannya tidak didapatkan maksimal. Berikut sejumlah tips yang harus diacuhkan saatt merencanakan berwisata di pantau tanjung tinggi dan pun pantai-pantai sekitarnya di kembali belitung. Pastikan membawa perbekalan yang mencukupi. Misalnya air mineral dan makanan kecil. Di sejumlah area di pulau ini masih jarang ada warung atau mini market.

Bawa obat-obatan individu maupun obat umum, guna jaga jaga. Misalnya obat sakit kepala, penurun panas, paracetamol, balsem, alkohol, dan betadine.

Bawa tabir surya dan lotion anti nyamuk.

Waktu terbaik mendatangi wisata pantai di pulau Belitung ialah bulan April-Juni. Saat tersebut musim kemarau, ombak relatif tenang dan langit biru cerah. Alternatif kedua, bulan Februari- maret pun bisa, sebab ombak tidak tinggi.

Tempat Wisata Dekat Pantai Tanjung Tinggi

Di samping pantai tanjung tinggi, di pulau Belitung ada sejumlah objek wisata lain. Misalnya pantai Tanjung Kalayang yang jaraknya melulu 12 km. Pantai ini familiar dengan wisata jelajah pulaunya. Karena di depan pantai tidak sedikit ada pulau-pulau kecil. Jika tertarik dengan wisata dataran tinggi, tidak jauh dari pantai tanjung tinggi ada bukit Peramun. Lokasi ini jaraknya melulu 5 km saja. Bukit Paramun familiar sebagai lokasi yang sarat dengan satwa liar. Jika pengunjung inginkan diam sejenak saja, maka bakal dapat mendengar dan menyaksikan monyet, burung, dan elang. Angin dan pemandangan spektakuler dapat dinikmati saat mencapai puncak. Pengunjung bahkan dapat menyaksikan Pulau Lengkuas di kejauhan. Bagi menjelajahi dataran tinggi ini dipungut ongkos pemandu sebesar Rp 10.000 per orang. Demikian cerita kami tentang pantai laskar Pelangi ini. Pastikan kamu mengunjungi pantai ini saat nanati ada peluang menjelajah Pulau Belitung.

Baca Juga:

Nah itulah sedikit informasi mengenai wisata Pantai Tanjung Tinggi Belitung yang wajib kalian sambangi, dan untuk kalian yang ingin berlibur ke belitung dan nggak mau ribet atur jadwal liburannya, tenang kami team labiru tour siap membantu dengan cara beli Paket Liburan ke Belitung Murah.

Paket Wisata di Belitung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Belitung