Kalau kamu berpikir bahwa padang savana hanya ada di Afrika, maka kamu harus segera mengupgrade pengetahuanmu. Karena di Indonesia juga banyak padang savana yang sangat eksotis dan cantik. Tak percaya ? Yuk simak deretan padang savana di Indonesia yang cantiknya kebangetan versi Labiru: 

Taman Nasional Baluran | Padang Savana di Indonesia Dengan Setting Tanah Afrika

savana baluran

Credit: Liputan6

Taman Nasional Baluran sering disebut sebagai Africa van Java. Di padang savana terluas di Jawa ini ada beberapa hewan yang bisa kamu temui. Saat berada di Taman Nasional Baluran, kamu mungkin bakal lupa sebenarnya sedang berada di Indonesia. Saat musim hujan, savana ini terlihat segar dan menyejukkan mata. Saat musim kemarau datang, padang rumput akan meranggas kering menguning. Tak heran salah satu Padang Savana di Indonesia ini sangat mirip dengan film-film yang mengambil setting di tanah Afrika.

Kawah Wurung Bondowoso

Padang Savana di Indonesia terluas

Kawah Wurung Bondowoso

Masih di Jawa Timur. Tidak jauh dari Baluran, kamu bisa singgah ke Kawah Wurung. Kawah Wurung merupakan merupakan sebuah padang luas yang dipenuhi oleh rerumputan hijau yang luas. Tempat ini sering digunakan untuk kegiatan paralayang dan motor trail.

Di sekitar kawasan Kawah Wurung juga terdapat sebuah bukit bernama Bukit Cincin. Diberi nama Bukit Cincin karena di puncak bukit tersebut terdapat sebuah kubangan mirip kaldera gunung berapi  berdiameter sekitar 100 meter yang bulat membentuk cincin.

Pulau Kenawa, NTB | Padang Savana di Indonesia Terindah 

padang savana terindah di dunia

Savana Pulau Kenawa NTB

Pulau Kenawa adalah salah satu pulau kecil yang berada di Nusa Tenggara Barat. Keindahan yang membuat pulau kecil ini terkenal adalah padang rumputnya yang menguning, mirip dengan savana di Baluran saat musim kemarau. Karena itu tak heran kalau banyak orang menyebutnya sebagai Afrikanya Sumbawa NTB.

Di pulau ini juga terdapat bukit kecil. Kamu bisa menaiki bukit ini untuk melihat seluruh bagian pulaunya

Padang Rumput Cihideung, Jawa Barat

Padang Rumput Cihideung

Padang Rumput Cihideung

Di Jawa Barat juga ada lho padang savana yang keren. Banyak orang yang menyebut tempat ini sebagai New Zealand Van Bandung. Hamparan rumput di lahan kosong ini berada di kawasan Cihideung Lembang, Kabupaten Bandung. Padang rumput liar ini nampak tidak terurus namun membuat tempat ini semakin indah. Selain karena adanya padang rumput, di kawasan ini juga terdapat peternakan kuda.

Padang Savana Bromo

Savana Bromo

Credit: Pancar

Tentu kamu selama ini lebih mengenal Bromo dengan pasir berbisik, dan juga bukit penanjakan yang menjadi incaran traveller menyaksikan kemegahan matahari terbit. Tetapi Bromo juga punya keindahan lain yang bisa kamu nikmati, yaitu padang savananya.

Saat musim kemarau, saban ini tampak begitu eksotis dengan warnanya yang menguning. Tapi ketika datang kesini persiapkan masker atau atau sapu tangan karena pasir yang beterbangan tertiup angin akan membuatmu batuk.

Padang Savana Oro-Oro Ombo Semeru

gambar padang rumput

Oro-Oro Ombo Semeru

Oro-oro ombo adalah salah satu spot foto terbaik saat mendaki ke Gunung Semeru. Di tempat ini kamu akan dimanjakan oleh cantiknya padang savana berwarna ungu, karena keberadaan jutaan tanaman verbena. Tanaman ini bebas dipetik oleh pendaki, karena sebetulnya ini adalah tanaman hama yang justru membahayakan ekosistem tumbuhan lain di Semeru.

Saat musim kemarau, warna ungunya akan tergantikan dengan warna kecokelatan khas tumbuhan ketika meranggas.

Itulah tadi padang savana cantik di Indonesia yang nggak kalah indahnya dengan savana yang ada di Afrika. Sebelum ke Afrika, pergilah dulu ke savana-savana ala Afrika di Indonesia.

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung