Tour Makassar – Siapa di sini yang butuh refresh dan mau healing tapi dompetnya tipis? Makassar punya banyak tempat keren buat nyari ketenangan tanpa bikin kantong jebol, lho! Jadi, yuk kita bahas lima tempat healing low budget di kota ini. Siapa tau bisa jadi tempat favorit kamu nih!

Pulau Lanjukang

Credit: ARSY Tour

Kamu pecinta pantai wajib kesini. Pulau Lanjukang sendiri berjarak kurang lebih 40 Km dari Kota Makassar. Meskipun berada di ujung terluar di Makassar, pulau ini dapat diakses dengan mudah melalui Dermaga Paotere, Kayu Bangkoang, di Kampung Popsa. 

Di lokasi ini, tersedia layanan penyewaan kapal yang dapat membawa kamu menuju Pulau Lanjukang. Tarif sewa kapal kayu yang dilengkapi dengan mesin tempel dan 2 dek berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta, itu tidak mahal kok, karena kapalnya muat dengan kapasitas penumpang mencapai 20 orang, jadi kamu bisa patungan bareng yang lain.

Di pulau kamu bisa menemukan fasilitas umum seperti toilet, mushola, gazebo, dan warung makan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Lanjukang adalah jam 06.00-18.00. 

Pulau Kodingareng Keke

Credit: Fajar

Pulau Kodingareng Keke menawarkan pemandangan laut yang masih alami dan merupakan tempat yang sempurna untuk kegiatan snorkeling dan menyelam. Di sebelah selatan pulau, terdapat pasir putih yang dipadukan dengan pecahan karang berbentuk batu kerikil berukuran bervariasi. 

Sebaliknya, di sisi utara pulau, terdapat pasir putih yang lembut. Walaupun tidak berpenghuni, Pulau Kodingareng Keke menyediakan fasilitas resor dan gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai dan berteduh di area tersebut.

Untuk menikmati Pulau Kodingareng Keke, pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000,00 – Rp50.000,00 setiap orangnya, murah banget kan ?.

Pulau Gusung

Credit: Okezone

Seperti pantai di Bali, Pulau Gusung ini memiliki keindahan pantainya yang memesona, warna biru laut dan keelokan terumbu karangnya yang menarik. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 1.6 Km dari daratan Kota Makassar.

Agar sampai ke Pulau Gusung, pengunjung bisa memilih opsi menyewa speed boat atau perahu motor yang dimiliki oleh nelayan setempat. Perjalanan dapat dimulai dari Dermaga Kayu Bangkoa atau dermaga di depan Benteng Fort Rotterdam dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Biaya sewa perahu yang perlu dipersiapkan adalah sekitar Rp25.000,00 untuk perjalanan pulang-pergi. Untuk rombongan, tersedia harga khusus dengan tarif sewa kapal yang lebih terjangkau.

Pulau Panambungan

Credit: Okezone

Pulau Panambungan ini adalah salah satu pulau tersembunyi yang indah di gugusan kepulauan Spermonde, Pangkep, Sulawesi Selatan. Kalau dari Makassar, kamu dapat melalui jalur udara dari Bandara Paotere atau juga bisa menggunakan transportasi laut menuju Pelabuhan Paotere. 

Pulau ini cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan dengan suguhan panorama alam yang menakjubkan. Untuk berkunjung ada jalur backpacker yang menggunakan sewa kapal untuk pulang pergi dengan tarif Rp50.000,00 dan tiket masuk per orang sebesar Rp50.000,00.

Pulau Samalona

Credit: Kompas

Pulau Samalona terkenal dengan pesona keindahan dunia bawah lautnya yang menakjubkan. Pengunjung yang datang ke pulau ini dapat menikmati aktivitas berenang dan menyelam, sambil menikmati panorama terumbu karang yang cantik dan keberagaman ikan berwarna-warni.

Pulau Samalona terletak sekitar dua kilometer dari Kota Makassar. Untung berkunjung kamu dapat menggunakan perahu motor yang berangkat dari dermaga kecil di sekitar Pantai Losari. dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit. 

Tidak ada biaya tiket masuk yang dikenakan untuk menikmati liburan di pulau ini. Kamu hanya perlu membiayai perjalanan perahu, akomodasi di sekitar pulau, serta menyewa peralatan snorkeling atau diving sesuai kebutuhan.

Itu dia 5 rekomendasi tempat healing di Makassar versi low budget, kalau kamu tertarik healing kemana nih ?

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Makan Kantong Pelajar di Malang

Paket Wisata di Makassar

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Makassar