Paket Wisata – Karanganyar memang terkenal memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Apalagi lokasinya yang dekat dengan Gunung Lawu, menambah nilai plus destinasi wisata di sekitarnya. Tenggir Park menjadi salah satu destinasi unggulan yang berada di daerah ini. Selain suasana alam yang menenangkan jauh dari perkotaan, kamu juga dapat menemukan berbagai wahana permainan di sini. Apalagi spot foto kece buat feeds instagrammu. Penasaran bagaimana keseruan wisata di sini, yuk simak terus.

Lokasi Tenggir Park Karanganyar

Objek wisata ini berlokasi di Tambak, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Berjarak kurang lebih 40 kilometer dari kota Surakarta, objek wisata ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam berkendara.

Harga Tiket Masuk Tenggir Park Karanganyar

Untuk jam operasional, Tenggir Park Karanganyar buka setiap hari mulai pukul 09.00-05.00 WIB. Sebagai informasi tambahan, berkunjung di hari biasa akan lebih nyaman karena destinasi tidak dipadati wisatawan. 

Harga tiket masuk ke objek wisata ini hanya Rp15.000,00 saja per orang. Namun perlu diingat bahwa terdapat biaya tambahan lain jika kamu ingin menaiki wahana di dalamnya. Jadi pastikan untuk membawa uang lebih.

Keindahan Alam Kaki Gunung Lawu

Seperti objek wisata Tawangmangu lainnya, Tenggir Park juga terletak di kawasan kaki Gunung Lawu. Sehingga kamu dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata lainnya yang jaraknya tidak jauh dari sini. Seperti Taman Hutan Raya dan Candi Cetho. Suasana di sini tentu terasa sangat tenang dan sejuk karena tempatnya masih sangat asri dikelilingi pepohonan pinus yang rindang. Sangat cocok untuk kamu yang ingin sekedar bersantai sambil mencari spot foto yang kece.

Baca juga: Telaga Sarangan Magetan, Rekreasi Keluarga Danau di Ketinggian

Sepeda Gantung dan Karpet Terbang

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak jika wahana yang satu ini cukup menantang. Sepeda gantung dan karpet terbang adalah sebuah wahana yang cukup extreme, dimana kamu akan dibawa ke ketinggian tertentu dengan menaiki sepeda atau karpet.

Bagi kamu yang ingin mencoba, disarankan untuk memilih karpet terbang terlebih dahulu, kamu bisa naik berdua bersama teman atau keluargamu untuk mengurangi rasa takut.

Karpet ini diletakkan di atas papan kayu besi dan berjalan di atas tali. Tali tersebut menjadi rel bagi papan kayu untuk berjalan, sehingga karpet tampak seperti melayang. 

Jika kamu merasa percaya diri, kamu bisa mencoba menaiki wahana sepeda gantung. Berbeda dengan karpet terbang yang bisa kamu mainkan berdua, sepeda gantung mengharuskanmu memainkannya sendirian. Kamu akan merasakan naik sepeda di ketinggian tertentu hanya bermodalkan seutas tali sebagai medan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena wahana-wahana ini tentunya sudah dilengkapi dengan berbagai pengaman.

Spot Foto Rumah Honai

Bagi kamu yang tidak tahu apa itu Rumah Honai. Rumah honai atau rumah onai merupakan rumah tradisional masyarakat Papua Pegunungan dan Papua Tengah khususnya suku Dani.

Namun perlu diketahui bahwa Rumah Honai yang ada di Tenggir Park memiliki sedikit perbedaan dengan yang asli. Pembedanya adalah atap dari rumah tersebut, Rumah Honai yang asli memiliki atap tumpul menyerupai setengah lingkaran. Sedangkan Rumah Honai di sini memiliki atap kerucut dengan penyangga kayu. 

Walaupun demikian, suasana khas di Papua masih terasa jika kamu datang ke sini. Kamu dapat menjelajahi rumah tradisional tersebut ataupun berfoto-foto di sekitarnya. Ditambah lagi terdapat berbagai aksesoris dan atribut khas Papua yang dapat kamu sewa. Dijamin hasil fotomu bak di Papua itu sendiri.

Sarang Burung Menggantung

Tidak diragukan lagi bahwa Tenggir Park merupakan surganya bagi para pemburu spot foto. Setelah disuguhi suasana Papua dengan Rumah Honainya, sekarang kamu akan menjumpai banyak spot foto berupa sarang burung.

Sarang burung ini memiliki banyak bentuk, mulai dari bentuk telapak tangan, bulatan seperti kobaran api, hingga bentuk yang menyerupai sarang burung sesungguhnya. Menariknya lagi, spot-spot foto ini memiliki ketinggian yang berbeda-beda, jadi kamu tidak perlu khawatir jika takut dengan ketinggian.

Hamparan Taman Bunga yang Indah

Spot foto terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah taman bunga. Siapa sih yang tidak menyukai tanaman indah satu ini. Di sini kamu dapat menemukan banyak sekali bunga, bunga-bunga tersebut dibentuk dan dikelompokkan sesuai dengan warnanya. Sehingga nampak sangat tertata rapi dan siap menjadi background foto kecemu.