Wisata Kaliurang Jogja – Kawasan Merapi yang terletak di daerah Utara Yogyakarta ini semakin lama semakin menarik banyak wisatawan. Pasalnya, daya tarik utama wisata alam di lereng Gunung Merapi kini banyak didukung wisata lain yang sudah dikelola dengan baik dan profesional.

Kemunculan berbagai wisata buatan, adrenalin, edukasi, dan memanfaatkan potensi wisata alamnya yang luar biasa membuat sarana dan prasaran pendukung di kawasan ini juga berkembang pesat.

Sebut saja ada banyak resort, villa, restoran, cafe dan fasilitas pendukung pariwisata lainnya yang saat ini semakin banyak dan memiliki inovasi tersediri. Jangan khawatir mati gaya deh karena kehabisan ide untuk berlibur di destinasi wisata Kaliurang Jogja ini.

Simak dulu nih beberapa objek wisata Kaliurang Jogja yang dapat kamu kunjungi ketika datang ke sini.

 

Credit: Jeep Lava Tour Jogja

Lava Tour Merapi

Objek wisata paling populer saat ini di Yogyakarta adalah paket penyewaan jeep untuk menyusuri kawasan sungai Kalikuning dan beberapa objek wisata lainnya yang satu rute di kawasan lereng Gunung Merapi. Wisata adrenalin yang cocok untuk remaja, dewasa, bahkan anak-anak.

Pengelola Lava Tour Merapi menawarkan berbagai jenis paket wisata menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan wisatawan. Tersedia paket sunrise trip berdurasi tiga jam dengan tarif Rp 450.000,-an per jeep. Short trip dengan durasi setengah jam dengan harga Rp 350.000,-an per jeep berkapasitas empat orang. 

 

Baca Juga:
Lava Tour Merapi, Wisata Jeep Jogja Paling Populer

 

Credit: Orami

Bunker Kaliadem

Objek wisata ini berada di lereng Gunung Merapi sehingga kamu bisa melihat megahnya Gunung Merapi dari dekat. Untuk dapat menyaksikan jelas panorama gunung, kamu harus datang dini hari sebelum pukul 7 pagi. Menjelang siang, biasanya gunung sudah banyak tertutup awan. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000,- per orang.

Lokasi ini juga menyediakan tempat parkir dan banyak gerai penduduk lokal yang menawarkan berbagai pernak-pernik berwisata khas Jogja. Kamu juga bisa menyeruput indomie dan kopi pagi hari sambil menikmati hikmatnya suasana pagi di area ini. Terkadang juga ada banyak pedagang jajanan tradisional keliling yang datang ke area ini.

 

Credit: Tribun Travel

Museum Ullen Sentalu

Museum ini berisi benda peninggalan yang memiliki cerita sejarah yang dalam sejak awal perjalanan bangsawan Mataram. Mengusung arsitektur dan konsep bergaya khas Jawa Kuno berpadu sentuhan gothic khas Eropa pertengahan. Kamu bisa melihat sekilas bahwa tempat ini memang sangat artistik.

Fasilitas umum seperti toilet, restoran, hingga toko oleh-oleh pun bisa kamu temukan di sini. Pemandu yang ada di sini pun sudah profesional dan kamu pasti akan merasa tertarik dengan menariknya sejarah dan budaya Jawa.

 

Credit: JogjaKeren

Stonehenge

Masih ingat landmark sejarah batu raksasa peninggalan zaman perunggu atau neolitikum yang berada di Inggris? Kamu akan menemukan tempat yang sangat mirip dengan landmark tersebut di Jogja. Yup, masih memiliki nama yang sama yaitu Stonehenge. Nggak usah jauh-jauh ke Inggris kalau mau lihat stonehenge ini.

Meskipun hanya replika, bukan asli seperti di Inggris, objek wisata ini benar-benar sangat mirip loh. Konon, sumber batu untuk mendirikan stonehenge ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi. Pembuatannya dilakukan dengan cermat dan serius sehingga menghasilkan karya yang luar biasa. Untuk tiket masuknya kamu bisa membayar tiket sebesar 30.000 per orang.

 

Credit: Orami

Bhumi Merapi 

Destinasi yang sedang populer belakangan ini karena spot fotonya yang ciamik. Hal ini membuat banyak wisatawan yang ingin berburu foto berbondong-bondong ke lokasi ini. Namun, kamu tenang saja. Lokasi ini tidak terlalu ramai pengunjung kok karena lokasinya yang cukup luas. Jadi, kamu tidak perlu mengantri panjang di spot foto pilihanmu.

Salah satu spot yang paling populer adalah spot dengan desain ala Santorini. Bangunan didominasi dengan warna putih dan biru beratapkan langit cerah membuat fotomu menjadi sangat instagramable. Untuk masuk ke objek wisata ini, kamu perlu merogoh kocek sebanyak 30.000,- per orang.

 

Credit: NativeIndonesia

The Lost World Castle

Eh, ada benteng takeshi di Jogja. Objek wisata ini memiliki desain bangunan kastil klasik dengan benteng-benteng panjang yang mengelilingi area wisata ini. Seperti namanya, mengusung konsep dunia yang hilang membuat kamu akan merasakan sedang berada di negeri dongeng.

Menyediakan banyak spot foto menarik yang menjadi buruan wisatawan, seperti tembok Cina, pohon sakura, kapal bajak laut, bangunan kastil, rumah pohon, dan taman buatan yang mempercantik lokasi. Untuk tiket masuknya kamu bisa membayar tiket sebesar 30.000 per orang.

Credit: KembaliKeJogja

The World Landmark Merapi Park

Ingin melihat landmark berbagai negara populer di dunia? Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri lagi, nih. Di Jogja pun ada, loh. Letaknya di Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman. Biaya masuknya pun cukup terjangkau, hanya 20.000,- sampai 25.000,- saja per orang.

Kamu bisa menemukan berbagai replikasi landmark negara seperti BigBen (Belanda), Menara Eiffel (Perancis), Kuil Surga (China), dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga Kids Waterpark dan Cowboy Town. Terdapat fasilitas lain seperti minimarket, cafe, dan resto. Cocok sebagai wisata keluarga, apalagi bila kamu membawa sang buah hati tercinta.

 

Credit: Parapuan

Bukit Kalikuning

Sudah pernah nonton film KKN Desa Penari? Jembatan ini pasti akan mengingatkan kalian dengan adegan jalan masuk menuju desa tersebut. Aliran sungai yang akan kamu lintasi di sini merupakan lintasan lahar dari letusan Gunung Merapi.

Lokasi ini juga banyak dilalui sebagai rute bersepeda dari berbagai kota yang menginap di sekitar kawasan Merapi. Lokasinya terletak di daerah Cangkringan, Pakem, Ngemplak, Kab. Sleman. Meskipun terkesan mistis, keindahannya yang misterius dan estetik akan membuat hasil fotomu menjadi lebih ciamik.

Dalam perjalanan menuju bukit, kamu tidak hanya melewati jembatan estetik ini dengan panorama sungai. Kamu juga akan melewati pemandangan pinus berpadu gemericik air sungai dengan suasana yang tenang dan segar. Biaya masuknya pun sangatlah terjangkau, hanya 3000,- saja per orang. Murah, bukan?

 

Credit Visiting Jogja

Batu Alien 

Kawasan wisata Kaliurang Jogja Batu Alien memang belum sepopuler wisata lainnya. Objek wisata ini merupakan sebuah bongkahan batu vulkanik yang terbawa lahar panas melalui Sungai Gendol saat erupsi Gunung Merapi tahun 2010 silam. Terletak di Dusun Jambu, Kepuharjo, Cangkringan.

Meskipun bernama Batu Alien, jangan berpikir bahwa asal batu ini misterius seperti kebanyakan cerita fiktif mengenai makluk asing tersebut. Batu ini ditemukan oleh warga. Dikarenakan bentuknya yang mirip dengan wajah makhluk asing yang dikenal dengan alien, maka kemudian dinamakan Batu Alien.

Banyak gardu pandang yang dibangun sebagai spot foto. Masuk ke lokasi ini pun sama sekali tidak dipungut biaya tiket, hanya biaya parkir dan biaya tambahan jika kamu ingin berfoto dengan burung hantu yang ada di sini. Banyak burung hantu berbagai jenis yang bisa kamu temukan di sini.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda