Paket Liburan MalangMalang, sebuah kota yang tidak hanya terkenal dengan keindahan budaya dan sejarahnya, tetapi juga dengan keajaiban alamnya, menyimpan salah satu destinasi wisata alam tersembunyi yang memukau, yaitu Coban Siuk. Coban Siuk adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Keberadaannya yang masih tergolong sepi dari sorotan wisata mainstream menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang autentik. Ini dia beberapa informasi yang bisa kami berikan pada kamu sebelum berkunjung ke air terjun indah ini.

 

 

Daya Tarik

Credit: IDN Times

Pemandangan air terjun yang spektakuler menjadi daya tarik utama Coban Siuk.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter yang meluncur deras dari tebing-tebing tinggi membentuk tirai air yang indah ini menghasilkan suara gemuruh air yang menghantam bebatuan besar, sehingga menambah kesan dramatis dan memberikan pengunjung pengalaman mendalam dalam keajaiban alam.

Selain itu, Coban Siuk juga dikelilingi oleh hutan hijau yang rindang. Pepohonan tinggi dan beragam flora yang ada di sekitar area memberikan suasana asri dan menyegarkan. Kamu dapat menikmati keindahan alam sambil merasakan aroma segar dari hutan yang masih alami.

 

Lokasi, Jam Operasional, dan Harga Tiket Masuk

Credit: Tripadvisor

Coban Siuk terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Coban Siuk sendiri beroperasi setiap hari selama 24 jam. Yang mana hal ini berarti kamu dipersilahkan untuk mengunjungi air terjun ini kapanpun tanpa batasan waktu untuk menikmati keindahan alam sekitar dan menjelajahi area sekitar Coban Siuk.

Berbicara tentang harga tiket masuknya, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak demi menikmati keindahan alam di Malang satu ini. Cukup membayar sebesar Rp5.000,00 dan kamu sudah dipersilahkan menikmati air terjun dengan sejuta pesona ini.

 

Rute Menuju Coban Siuk

Credit: Tripadvisor

Karena tidak adanya angkutan umum yang bisa membawa kamu langsung ke Coban Siuk, makan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi jika kamu berkunjung ke sini.

Waktu tempuh yang diperlukan dari pusat kota menuju air terjun ini sendiri kurang lebih selama satu jam.

Dari Kota Malang, kamu bisa langsung mengambil rute menuju Kecamatan Tumpang. Setelahnya akan terlihat papan arah menuju Coban Jahe yang harus kamu ikuti hingga menemukan pertigaan sebelum pintu masuk Coban Jahe.

Setelah bertemu pertigaan ini, kamu dapat berbelok ke kanan ke arah jalan tanjakan. Cukup ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di pos pintu masuk Coban Siuk. Bagaimana? Seharusnya menemukan air terjun satu ini tidaklah sulit bukan?

 

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Outbound Paling Seru di Malang, Jawa Timur

 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Credit: Amazing Malang

Coban Siuk Malang menawarkan beragam aktivitas menarik bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alamnya.

Diantaranya kamu dapat menikmati pemandangan dan suasana di sekitar air terjun. Air terjun ini akan sangat cocok bagi kamu yang mencari ketenangan dari riuhnya keseharian.

Kamu juga bisa merasakan sensasi dingin dan sejuknya air Coban Siuk. Beberapa bagian di sekitar Coban Siuk membentuk kolam alami dan sungai kecil yang cocok untuk berenang atau sekadar merendam kaki sambil menikmati hijaunya alam sekitar.

Jangan lupakan kegiatan wajib ketika berwisata. Kamu juga bisa mengabadikan momen berhargamu di air terjun ini. Berfoto dengan latar belakang alam indah yang terkesan alami, tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi foto kamu.

Selain itu, kamu juga bisa bermeditasi di tempat ini karena suasana alamnya yang bisa dibilang cukup tenang. Ditemani suara gemerisik daun dan suara aliran air akan membantumu merasakan ketenangan hati.

 

Fasilitas Coban Siuk

Credit: Outbound Malang

Terletak di dataran tinggi dan jauh dari pusat perkotaan membuat Coban Siuk belum memiliki fasilitas selengkap Coban Rondo yang populer. Namun, apabila kamu berkunjung, ketahuilah kalau Coban Siuk juga menyediakan fasilitas-fasilitas dasar yang dapat menjaga kenyamananmu selama berkunjung.

Fasilitas-fasilitas tersebut terdiri dari area parkir, gazebo, warung makanan, toilet dan juga mushola.

 

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum kamu memulai perjalanan ke Coban Siuk, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kunjunganmu berjalan lancar dan menyenangkan. Berikut ini tipsnya : 

  • Periksa cuaca sebelum kamu berkunjung untuk menyesuaikan pakaian yang akan kamu kenakan.
  • Pakai pakaian yang tepat demi keamanan dan kenyamananmu.
  • Bawa air minum dan bekal makanan ringan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan, kalau bisa membawa sendiri tas sampah.
  • Hargai mitos dan tradisi lokal.

 

Coban Siuk Malang adalah destinasi wisata alam yang sempurna bagi kamu yang sedang mencari ketenangan dan keindahan alam yang asri.

Dengan kejernihan air terjun, rindangnya hutan hijau, dan trek hiking yang menantang, Coban Siuk menawarkan pengalaman wisata yang tidak terlupakan.

Jelajahi keindahan alam Malang dan temukan pesona Coban Siuk di tengah gemerlapnya kehidupan modern!

 

Baca Juga: Dino Park Jatim Park 3 di Malang, Asik buat Liburan Akhir Pekan

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang