Goa Gajah Mangunan Yogyakarta – Di Yogyakarta terdapat banyak sekali wisata alam. Ada pantai, hutan, sungai, gunung, gurun pasir, goa dan lain sebagainya. Bicara tentang goa, Yogyakarta memiliki goa-goa indah yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Sebut saja Goa Jomblang, Goa Pindhul, Goa Cerme dan Goa Selarong. Keberadaan obyek wisata goa ini kebanyakan berada di hutan-hutan yang rimbun atau ditengah tempat tinggal warga di pedalaman.

Selain goa-goa tersebut, ternyata masih ada goa-goa lainnya yang memiliki keindahan tak kalah cantiknya, salah satunya adalah Goa Gajah Mangunan. Goa Gajah Mangunan adalah goa alami yang asal namanya diambil dari adanya sebuah gumpalan batu yang berbentuk menyerupai gajah yang berada di dalam goa. Goa ini tidak terlalu dalam namun wisatawan dapat menikmati Stalatit dan stalakmit yang ada di dalam Goa ini.

Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan (Cr : Google)

Lokasi

Goa Gajah berlokasi di Kabupaten Bantul tepatnya di Mangunan, RT.28, Lembah bang, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengunjungi destinasi wisata Goa Gajah Mangunan sendiri kamu tidak akan merasa kesulitan karena akses jalan yang baik dan lokasinya mudah untuk di kunjungi. Kamu bisa mengunjungi Goa satu ini dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 60 menit menggunakan kendaraan. Jika kamu bingung lokasi tepat dari Goa Gajah, kamu bisa mengakses Google Maps berikut ini https://maps.app.goo.gl/j5pwwV73KU7KNUxz6

Hal Menarik

Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan (Cr : Google)

Goa Gajah ini merupakan goa horizontal yang mempunyai kedalaman sekitar 200 meter akan tetapi untuk kedalaman yang sebenarnya belum ada yang tau dikarenakan adanya tumpukan tanah di sebagian goa. Sehingga jalan yang dilalui menjadi semput, kondisi di dalam goa ini masih cukup alami dengan stalaktit dan stalakmit di sepanjang Goa Gajah.

Di ujung goa ini terdepat sebuah pohon besar yang tinggi menjulang hingga keluar goa, sehingga goa ini menyerupai hutan mini yang berada di dalam goa. Keberadaan pohon dan semak-semak di dalam goa dikarenakan runtuhnya atap goa hingga tanah dan tanaman diatasnya masuk ke dalam goa dan tetap hidup hingga sekarang.

Selain Goa Gajah pengunjung juga bisa menikmati goa-goa kecil yang ada di wilayah goa gajah ini seperti Goa Longan, Goa Wonolagi, Goa Menek, Goa Jamiromo, Goa Vertikal, dan Goa Kembang. Kamu juga bisa melepas lelah dari perjalanan menyusuri goa karena di goa tersebut kamu dapat memandang panorama alam yang indah diselimuti angin dan udara pegunungan yang sejuk di gardu pandang yang disediakan.

Baca Juga :

Kondisi di dalam goa

Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan (Cr : Google)

Goa Gajah Mangunan

Goa Gajah Mangunan (Cr : Google)

Kondisi yang ada di dalam goa sangat gelap, maka dari itu pengunjung diharuskan untuk membawa atau menyewa alat penerangan atau senter agar para pengunjung dapat menikmati pesona keindahan di dalam goa. Salah satu yang menjadi daya tarik dari Goa Gajah adalah cahaya dari surga. Cahaya dari surga ini adalah fenomena dimana sinar matahari dapat masuk melalui lubang yang berada di atas goa seolah – olah menyerupai sorotan lampu senter di ruangan yang sangat gelap.

 

Fasilitas dan HTM

Goa Gajah Mangunan

Cr : Google

Fasilitas yang dimiliki Goa Gajah terbilang cukup lengkap sebagai destinasi wisata. Fasilitas tersebut antara lain area parir, toilet, mushola dan warung makan. Untuk biaya masuknya sendiri tidak dikenakan biaya alias GRATIS. Kamu cukup membayar retribusi parkir kendaraan bermotor senilai Rp 2000,- dan membayar biaya sewa senter senilai Rp 5000,-.

 

Tips Berkunjung

  • Gunakanlah sepatu tertutup atau sneakers. Sandal japit sangat tidak disarankan. Ini karena ada beberapa bagian yang licin karena tanah yang menjadi lengket dan licin karena tetesan air.
  • Kondisi kendaraan juga harus tetap prima karena jalan menuju goa Gajah naik turun dan berkelok-kelok. Bahkan ada beberapa ruas jalan yang masih berbatu dan belum diaspal.

 

Itu tadi informasi mengenai Goa Gajah Mangunan. Untuk kamu yang suka berpetualang, cocok banget untuk berkunjung kesini. Ingat, harus tetap hati-hati yaa.. selamat berwisata 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda